Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pembagian Ilmu Ekonomi dan Penjelasannya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Ada tiga pembagian ilmu ekonomi, yaitu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, serta ekonomi terapan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Ilmu ekonomi adalah cabang ilmu yang berupaya mengkaji perilaku manusia dalam upayanya memenuhi kebutuhan.

Sebagai salah satu cabang ilmu sosial, ekonomi memiliki kedekatan dengan realitas kehidupan manusia di masyarakat.

Untuk itulah, ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga. Tujuannya, mempermudah pembelajaran juga pemahaman terkait ilmu tersebut.

Jelaskan 3 pembagian ilmu ekonomi! 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari buku Pengantar Ilmu Ekonomi (2023) oleh Alexandra Hukom dan Dicky Perwira, pada hakikatnya, pembagian ilmu ekonomi mencakup:

Baca juga: Definisi Ilmu Ekonomi Menurut John Stuart Mill dan Ahli Lainnya

Berikut penjelasan lebih lanjut soal pembagian ilmu ekonomi tersebut:

Ekonomi deskriptif

Menurut Siti Nur Azizah dalam buku Pengantar Ilmu Ekonomi dan Bisnis (2023), ekonomi deskriptif adalah pembagian ilmu ekonomi yang berhubungan dengan persoalannya.

Ilmu ini, secara garis besar, berupaya mengumpulkan semua kenyataan penting, yang berkaitan dengan persoalan ekonomi atau topik tertentu.

Contohnya data kondisi ekonomi suatu wilayah yang dirilis oleh BPS (Badan Pusat Statistik), serta tabel perkembangan sektor industri.

Baca juga: 3 Teori Permintaan Uang dalam Ilmu Ekonomi

Intinya, ekonomi deskriptif adalah pembagian ilmu ekonomi yang berupaya mengumpulkan semua fakta atau kenyataan, yang relevan dengan persoalan ekonomi.

Teori ekonomi

Dikutip dari buku Konsep Dasar Ekonomi (2024) karya Finny Redjeki, teori ekonomi adalah konsep yang menerangkan hubungan antarperistiwa ekonomi.

Hubungan tersebut kemudian dirumuskan dalam sebuah hukum. Teori ekonomi sendiri, dibagi menjadi ekonomi makro dan mikro.

Ekonomi makro adalah pembagian ilmu ekonomi yang secara khusus, mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara menyeluruh.

Permasalahan yang dibahas pun bersifat luas. Misal, pertumbuhan ekonomi, inflasi, tingkat penganggura, serta neraca perdagangan.

Baca juga: 7 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

Sementara itu, ekonomi mikro adalah bagian ilmu ekonomi yang mengkaji perilaku individu, dalam kaitannya dengan rumah tangga produksi (perusahaan).

Misal, permintaan dan penawaran barang, pendapatan individu, penentuan harga barang, dan alokasi sumber daya perusahaan.

Jadi, teori ekonomi adalah pembagian ilmu ekonomi yang menghubungkan atau mengaitkan antarperistiwa ekonomi, baik itu makro maupun mikro.

Ekonomi terapan

Ekonomi terapan adalah terapan dari teori ekonomi. Kerangka teori ekonomi akan digunakan untuk membuat, atau merumuskan kebijakan dan pedoman yang tepat.

Tujuan penerapan ini, yaitu memperbaiki kehidupan ekonomi yang dianggap kurang menguntungkan, juga meningkatkan kehidupan perekonomian ke taraf yang lebih tinggi.

Dengan demikian, ekonomi terapan adalah pembagian ilmu ekonomi yang berfokus pada penerapan teori ekonomi.

Baca juga: 2 Prinsip Dasar yang Melahirkan Ilmu Ekonomi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi