Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Energi Alternatif: Jenis, Keuntungan, dan Kesulitan Pemanfaatan

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Hampir setiap hari kita membutuhkan bahan bakar hasil olahan minyak bumi dan batu bara.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Sumber energi yang paling banyak digunakan manusia berasal dari minyak bumi dan batu bara. Hampir setiap hari kita membutuhkan bahan bakar hasil olahan minyak bumi dan batu bara.

Persediaan minyak bumi dan batu bara lama kelamaan akan habis, sedangkan proses pembentukannya memerlukan proses jutaan tahun lamanya.

Energi yang bukan berasal dari bahan bakar fosil disebut energi alternatif. Alam menyediakan berbagai sumber energi alternatif yang tidak akan habis.

Jenis energi alternatif

Adapun energi alternatif tersebut, sebagai berikut:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merupakan sumber energi terbesar bagi bumi. Energi yang diberikan matahari berupa energi panas dan energi cahaya yang dapat kita gunakan secara langsung. Energi panas dapat kita nikmati di siang hari.

Sedangkan energi cahaya dapat diubah menjadi listrik dengan menggunakan alat yang disebut sel surya dan dimanfaatkan untuk membuat makanan pada tumbuhan hijau.

Tenaga angin sudah dimanfaatkan orang sejak lama. Misalnya, untuk menjalankan mesin penggiling jagung dan air serta para nelayan yang menggunakan energi angin untuk menggerakkan kapal layarnya. Saat ini energi angin digunakan untuk menghasilkan listrik melalui alat yang disebut aerogenerator.

Baca juga: Komponen Energi Alternatif Biogas

Air selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah. Aliran air yang sangat deras merupakan sumber energigerak. Energi gerak ini dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Pada stasiun pembangkit listrik tenaga air, air biasanya dibendung sehingga permukaannya menjadi tinggi. 

Air yang dibendung posisinya lebih tinggi dari pada stasiun pembangkit listriknya. Aliran air tersebut memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Generator berputar menghasilkan energi listrik.

Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal ini menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Tenaga panas bumi digunakan untuk menghasilkan listrik. 

Prosesnya air dingin dari permukaan dipompa dan dialirkan melalui pipa ke dalam tanah hingga ke lapisan batuan panas dan berubah menjadi uap air panas. Uap panas ini mengerakkan turbin yang kemudian memutar generator sehingga menghasilkan listrik.

Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi. Energi ini dapat diubah menjadi energi listrik. 

Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup, baik hewan maupun tumbuhan berbiji yang mengandung minyak (seperti bunga matahari, jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai). Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodiesel yang dapat digunakan sebagai pengganti solar.

Keuntungan energi alternatif

Sumber energi alternatif memiliki keuntungan:

Baca juga: Mengapa Kita Memerlukan Energi Alternatif?

Kesulitan pemanfaatan energi alternatif

Kesulitan dalam pemanfaatan energi alternatif anatara lain:

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi