Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Positif Hubungan Sosial

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ElizaNavianaDamayanti
Hubungan sosial merujuk pada interaksi antara individu atau kelompok yang melibatkan pertukaran informasi.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari, hubungan sosial memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk pengalaman individu dan dinamika masyarakat. 

Hubungan sosial merujuk pada interaksi antara individu atau kelompok yang melibatkan pertukaran informasi, dukungan, emosi, atau sumber daya lainnya.

Dalam berbagai bentuknya, hubungan sosial dapat menjadi sumber kebahagiaan, dukungan, dan pertumbuhan, namun juga bisa menjadi sumber konflik, kesepian, atau tekanan.

Hubungan sosial harus dilakukan oleh dua orang dan memiliki dampak yang tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri, tetapi juga dirasakan oleh orang lain.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begitu juga hubungan antarkelompok akan berdampak pada kelompok-kelompok yang terlibat, bahkan Masyarakat.

Baca juga: 6 Faktor Pendorong Terjadinya Hubungan Sosial

Adapun dampak positif hubungan sosial dalam kehidupan bermasyarakat sebagai berikut:

Dampak positif

Hubungan sosial berdampak positif apabila menguntungkan seluruh anggota masyarakat. Dampak positif hubungan sosial sebagai berikut:

Hubungan sosial yang positif dapat memperkuat rasa solidaritas di antara individu atau kelompok dalam masyarakat.

Solidaritas ini mengacu pada ikatan sosial yang mempersatukan individu atau kelompok dalam kebersamaan, saling ketergantungan, dan kepedulian satu sama lain.

Solidaritas sosial yang kuat membantu masyarakat mengatasi konflik dan menjaga stabilitas sosial.

Hubungan sosial memainkan peran penting dalam mengintegrasikan individu ke dalam struktur sosial yang lebih besar.

Melalui interaksi sosial, individu belajar dan memahami norma-norma sosial, nilai-nilai, dan ekspektasi yang ada dalam masyarakat.

Integrasi sosal ini membantu memperkuat ikatan individu dengan masyarakat dan memastikan keberlangsungan struktur sosial yang stabil.

Interaksi sosial dengan orang lain dapat menjadi sumber pembelajaran dan pertumbuhan pribadi. Melalui hubungan sosial, individu memiliki kesempatan untuk mendapatkan wawasan baru, perspektif yang beragam, dan umpan balik yang konstruktif.

Pertumbuhan pribadi ni membantu individu mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka.

  • Dukungan emosional dan sosial

Hubungan sosial yang positif menyediakan dukungan emosional dan sosial yang penting bagi kesejahteraan individu. Dalam situasi sulit atau stres, memiliki jaringan sosial yang kuat dapat memberikan dukungan, pemahaman, dan bantuan praktis.

Dengan dukungan emosional dan sosial ini, membantu individu mengatasi tantangan hidup dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

  • Identitas sosial

Hubungan sosial membantu individu membentuk dan memperkuat identitas sosial mereka. Identitas sosial merujuk pada bagaimana individu mengidentifikasi diri mereka sendiri dalam konteks sosial, seperti anggota kelompok etnis, agama, atau profesi tertentu.

Interaksi sosial dengan anggota kelompok yang memiliki identitas serupa dapat memperkuat rasa kebanggaan dan keterikatan individu terhadap identitas mereka.

Baca juga: 5 Cara Komunikasi Efektif dalam Menjalin Hubungan Sosial

Referensi:

  • Luqman Hakeem Frank Wilkins, P. B. (2019). Media Sosial dan Dampak Positif Menurut Islam. In: Prosiding Seminar Sains Teknologi dan Manusia.
  • Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, Vol. 1, No.1.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi