Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kekurangan Perseroan Terbatas (PT)

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Kekurangan utama sebuah perseroan adalah butuh biaya yang besar untuk mendirikannya. Simak kelemahan perseroan terbatas lainnya di bawah ini!
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Perseroan Terbatas (PT) adalah badan usaha yang besaran modalnya tercantum dalam anggaran dasar.

Dilansir dari Kemenkunham Sulut, perseroan terbatas adalah badan hukum yang modalnya terdiri atas saham-saham yang mayoritas dimiliki pemilik.

Saham ini sifatnya dapat diperjualbelikan, sehingga perubahan kepemilikan dapat terjadi, tanpa harus membubarkan perusahaan.

Apa kekurangan PT (Perseroan Terbatas?)

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelemahan perseroan terbatas

Menurut Indra Mahardika Putra dalam buku Akuntansi dan Perpajakan (2023), kekurangan utama sebuah perseroan adalah butuh modal yang cukup besar untuk mendirikannya.

Baca juga: Perseroan Terbatas (PT): Pengertian dan Contohnya

Proses pendirian PT sendiri, butuh waktu yang cukup lama dan sulit. Selain itu, perseroan terbatas juga dikenakan pajak, karena termasuk subyek pajak.

Dikutip dari buku Hukum Dagang (2022) oleh Sri Lestari, salah satu kekurangan PT adalah mayoritas pemegang saham sering berasumsi bahwa PT merahasiakan keuntungannya.

Hal ini bisa saja terjadi, karena saham-saham yang menjadi modal perseroan ini, bisa berubah kepemilikannya secara langsung maupun tidak.

Sementara itu, dilansir dari buku Aspek Hukum Startup (2022) karya Rio Christiawan, kekurangan perseroan terbatas adalah rahasia perusahaannya kurang terjamin.

Secara khusus, PT yang bersifat terbuka (Tbk) wajib mempublikasikan laporan keuangannya kepada pemegang saham, sehingga kerahasiaannya pun kurang terjamin.

Baca juga: Bedanya Perusahaan Perorangan, Persekutuan, dan Perseroan

Apabila proses pendiriannya cukup sulit dan lama, pembubaran Perseroan Terbatas (PT) juga butuh waktu yang tidak sebentar.

Terakhir, kekurangan utama sebuah perseroan adalah fleksibilitasnya terbatas. PT mau tidak mau, wajib tunduk pada hukum dan aturan yang berlaku di negaranya.

Jika disimpulkan kekurangan Perseroan Terbatas (PT) adalah:

Baca juga: Perseroan Terbatas sebagai Subyek Hukum

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi