Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalkulator Google Kini Bisa Tampilkan Hasil Bilangan Pecahan

Kompas.com - 28/07/2019, 15:05 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mesin hitung elektronik seperti kalkulator yang umum beredar, belum banyak yang bisa menampilkan bilangan pecahan. Termasuk kalkulator digital berbentuk aplikasi yang terpasang di smartphone.

Umumnya, aplikasi kalkulator menampilkan hasil hitungan berupa bilangan desmimal saja. Google mencoba mengubah hal itu dengan memperbarui aplikasi kalkulatornya yang kini bisa menampilkan hasil pecahan dan bilangan desimal sekaligus.

Pembaruan ini muncul di Google Calculator versi 7.7. Seperti muncul di gambar di bawah ini, hasil hitungan akan muncul dalam bilangan desimal dan pecahan. Misalnya untuk bilangan desimal 0,833333, di bagian bawah akan terpampang bentuk pecahannya yakni 5/6.

Tangkapan layar Google Calculator yang menampilkan hasil hitungan pecahanAndroid Police Tangkapan layar Google Calculator yang menampilkan hasil hitungan pecahan

Tidak hanya bilangan bulat, simbol lain seperti phi (π) juga lebih mudah digunakan dan bisa muncul di hasil pecahan seperti dalam tangkapan layar.

Pengguna tidak perlu repot mencari simbol-simbol khusus seperti phi, persen, sin, cos, atau tan. Karena opsi-opsi tersebut muncul di sisi atas keyboard angka.

Hasil pecahan juga langsung muncul seketika setelah menekan tombol hasil (=). Pembaruan lain juga terlihat, yakni tombol naviagasi yang transparan, dilansir KompasTekno dari Android Police, Minggu (28/7/2019).

Kemungkinan, tombol transparan ini akan menjadi persiapan Google menyambut Android Q yang akan lebih mengutamakan navigasi berupa gestur. Kalkulator Google juga sudah menyediakan tema dark mode dengan latar belakang gelap.

Baca juga: Mau Belajar Bikin Aplikasi Android, Ini Kelas Online dan Buku dari Dicoding

Kalkulator Google versi terbaru ini sudah tersedia di Google Play Store. Jika belum ada pembaruan, kemungkinan Google masih menggulirkannya bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com