Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia?

Kompas.com - 23/12/2019, 14:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hingga November 2019, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram di Indonesia dilaporkan telah mencapai 61.610.000 .

Setidaknya demikian menurut laporan terbaru dari NapoleonCat, salah satu perusahaan analis Sosial Media Marketing yang berbasis di Warsawa, Polandia.

Artinya, 22,6 persen, atau nyaris seperempat total penduduk Indonesia, adalah pengguna Instagram. Jumlah tersebut naik tipis dari bulan sebelumnya, yang menyebut total pengguna Instagram di Indonesia mencapai 59.840.000.

Pengguna Instagram dengan gender perempuan paling dominan di Indonesia. Tercatat jumlahnya mencapai 50,8 persen, unggul tipis dari pengguna bergender pria yang mencapai 49,2 persen.

Baca juga: Stiker dan Filter Instagram yang Paling Digemari Sepanjang 2019

Pengguna berusia 18-24 tahun menjadi kelompok usia pengguna paling besar di Indonesia, dengan total persentase 37,3 persen atau sekitar 23 juta pengguna.

Dalam rentang usia tersebut, pengguna Instagram perempuan masih dominan dengan persentase 19,5 persen dibanding laki-laki dengan persentase 17,9 persen.

Pengguna terbesar kedua berada di kelompok usia 25-34 dengan persentase 33,9 persen. Bertolak belakang dengan kelompok usia sebelumnya, kategori usia ini justru lebih unggul pengguna pria sebesar 17,9 persen, sementara pengguna perempuan 16,1 persen.

Sementara dari segi jumlah, pengguna pria unggul 1,1 juta. Kategori usia penggguna paling rendah adalah 65 tahun ke atas yang hanya sebesar 1,6 persen.

Sebagai informasi, data yang disajikan NapoleonCat ini bersumber dari API pemasaran Instagram.

Jumlah pengguna Instagram di Indonesia bulan November 2019.NapoleonCat Jumlah pengguna Instagram di Indonesia bulan November 2019.

KompasTekno telah menghubungi Instagram Indonesia terkait data ini. Namun, perwakilan Instagram mengatakan data per regional dari internal Instagram sudah tidak lagi dikeluarkan.

Dari penelusuran KompasTekno, Instagram sempat mengumumkan data jumlah pengguna di Indonesia tahun 2017 lalu.

Baca juga: Pengguna Instagram Kini Bisa Bikin Kolase Foto di Stories

Saat itu, total pengguna aktif bulanan Instagram Indonesia mencapai 45 juta. Jumlah pengguna Instagram Indonesia yang membuat stories saat itu juga disebut dua kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata pengguna global.

Secara global, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 1 miliar, dihimpun dari Hoot Suite, penyedia layanan manajemen konten media sosial. Sementara itu, 500 juta pengguna Instagram aktif mengunggah Stories tiap harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com