Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Main "Wordle", Game Tebak Kata yang Ramai di Twitter

Kompas.com - 14/01/2022, 13:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game teka-teki kata, Wordle belakangan cukup ramai di Twitter. Beberapa pengguna platform mikroblogging itu saling pamer screenshot (tangkapan layar) skor Wordle, setelah mereka berhasil memecahkan teka-teki.

Jika belum tahu apa itu Wodle, game ini adalah permainan tebak kata berbahasa Inggris berbasis situs web. Wordle bisa diakses lewat situs berikut. Dengan tampilan sederhana, Wordle mampu membuat pemainnya berpikir keras.

Wordle akan meminta pemain untuk menebak satu kata yang benar di setiap harinya. Akan tetapi, Wordle sama sekali tidak memberi petunjuk terkait kata apa yang harus ditebak oleh pemain.

Baca juga: 10 Negara yang Paling Aktif Bicara Game di Twitter, Indonesia Masuk Daftar

Sehingga, pemain harus menebak kata dalam bahasa Inggris secara acak. Pemain harus bisa menebak kata yang tersusun dari lima huruf secara horisontal (menyamping) dalam enam kali kesempatan.

Apabila Anda tidak dapat menebak kata yang benar, maka Anda kalah di hari itu dan baru bisa mencoba menebak kata lagi di hari selanjutnya.

Ya, Wordle memang hanya mengizinkan Anda untuk bermain satu kali dalam sehari. Apabila anda membuka situs web Wordle lewat peramban yang sama, Wordle akan meminta pemain untuk menunggu keesokan harinya.

Baca juga: Pemilik Game GTA Siap Akuisisi Pembuat Farmville Senilai Rp 181 Triliun

Setiap hari, Wordle bakal mengeluarkan kata baru yang siap untuk Anda tebak. Terdengar cukup sulit? 

Tapi tenang, sebagaimana game lain, ada trik yang bisa dilakukan untuk menebak kata di Wordle dengan mudah. Jika Anda penasaran bagaimana cara menebak kata dengan mudah, berikut tips cara main Wordle.

Mulai dengan kata yang biasa digunakan sehari-hari

Tips cara main Wordle yang pertama adalah pakai kata yang biasa digunakan para penutur asli bahasa Inggris sehari-hari. Anda tidak perlu terlalu berpikir keras terkait kata berbahasa inggris apa yang bakal Anda gunakan sebagai percobaan untuk menebak kata yang benar di Wordle.

Pencipta Wordle, Josh Wardle memberikan sedikit bocoran terkait sifat kata dalam Wordle. Saat mengembangkan Wordle, Wardle telah mengumpulkan sebanyak 12.500 kata yang terdiri dari lima huruf.

Baca juga: 6 Game Gratis PS Now Januari 2022, Ada Mortal Kombal 11 dan Final Fantasy XII

Dari jumlah tersebut, ia saring dan akhirnya berkurang sebanyak 2.500 kata. Wardle mengatakan bahwa kata yang telah disaring tersebut merupakan kata yang biasa digunakan sehari-hari setidaknya dalam 20 tahun terakhir, dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Jumat (14/1/2022).

Dengan informasi itu, Anda bisa mulai mencoba menebak kata Wordle dengan menggunakan intuisi pada kata-kata berbahasa Inggris yang tersusun dari lima huruf dan yang umum digunakan para penutur asli bahasa Inggris.

Perhatikan warna kotak untuk mencoba menyusun kata selanjutnya

Tips cara main Wordle berikutnya adalah Anda harus memperhatikan setiap warna kotak dari masing-masing huruf untuk mencoba menyusun kata di kesempatan selanjutnya.

Wordle memang tidak memberikan Anda petunjuk terkait kata apa yang harus ditebak. Namun, Wordle memberi penanda huruf yang bisa menjadi acuan untuk menyusun kata berikutnya. Penanda huruf tersebut berupa warna kotak.

Jadi, Wordle ini tersusun dari kumpulan kotak yang terdiri dari enam kolom dan lima baris. Masing-masing kolom yang terdiri dari lima baris kotak, bisa Anda gunakan sebagai kesempatan untuk menebak kata hingga di kolom terakhir harus sudah bisa menemukan kata yang benar.

Baca juga: Daftar Pemenang Steam Awards 2021, Resident Evil Village Sabet Gelar Game of The Year

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com