Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandra Dijadikan Nama Kawasan Wisata di Kolaka

Kompas.com - 23/03/2015, 10:41 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com - Siapa yang tidak kenal dengan Mandra, nama yang begitu beken di era tahun 90-an lewat sinetron keluarga berjudul Si Doel Anak Sekolahan. Tapi yang ingin kita ketahui adalah nama Mandra begitu dikenal di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara. Betapa tidak, sebuah pantai yang kini tengah menjelma menjadi obyek wisata terapi bernama Pantai Mandra. Pastinya bagi para wisatawan yang datang ke kota ini bertanya-tanya kenapa pantai tersebut diberi nama Mandra.

Pada era tahun 90-an kawasan yang kini menjadi pantai adalah hutan bakau di pinggiran Kota Kolaka. Saat pemerintah daerah melakukan perluasan kawasan kota, daerah itu kemudian dipersiapkan menjadi pantai. Dalam perjalanannya pemda Kolaka membuat hajatan dengan pusat kegiatan di daerah tersebut. Secara kebetulan dalam acara itu hadir sebagai bintang tamu adalah Mandra. Sejak saat itu pula masyarakat Kolaka menyebut daerah itu sebagai Pantai Mandra. Hingga kini Pantai Mandra menjadi salah satu ikon Kota Kolaka. Jadi nama seniman betawi tersebut memang telah lama populer di Kolaka.

“Kalau datang ke Kolaka, pasti orang akan bertanya-tanya kenapa namanya Pantai Mandra. Kami juga sebagai warga akan menjelaskan apa adanya. Bahwa saat itu Mandra datang ke Kolaka dan manggung di sana. Jadilah warga menyebuit pantai itu sebagai Pantai Mandra,” kata Herman, warga Kolaka, Senin (23/3/2015).

Pantai Mandra adalah salah satu pusat keramaian yang saat ini digemari warga Kolaka. Selain menyediakan wisata terapi, pantai itu juga menyediakan aneka ragam makanan khas Kolaka dan Sulawesi pada umumnya. Deretan pedagang kaki lima menawarkan sejumlah menu favorit mereka. “Jadi kalau pagi warga berobat dengan mandi-mandi di pantai. Nah malam harinya bisa santai di pinggir pantai sambil makan makanan khas yang dijual pedagang,” kata Marwan, warga Kolaka lainnya.

Memang suasana Pantai Mandra sangat cocok untuk melepas penat setelah seharian beraktifitas. Pelancong dari luar kota pun akan disuguhkan sejumlah kenikmatan di daerah ini. Apalagi tersedianya penginapan yang berhadapan langsung dengan pantai. Penginapannya pun bergaya miniatur rumah adat. Tamu yang menginap seakan-akan tidak berada di penginapan, melainkan di desa wisata. Kalau Anda ingin berlibur, maka tak ada salahnya memilih Kolaka sebagai tempat menghabiskan waktu di akhir pekan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com