Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contemporary Art Gallery, Wisata Baru di TMII untuk Lihat Pameran Seni

Kompas.com - 07/11/2023, 17:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur telah tampil dengan wajah baru. Selain anjungan yang telah direvitalisasi, TMII juga membuka Contemporary Art Gallery (CAG) atau Galeri Seni Kontemporer.

Saat ini Contemporary Art Gallery masih dalam tahap soft opening, sebelum direncanakan dibuka secara resmi atau grand opening pada tahun 2024. 

Baca juga:

"Kami ingin memperkenalkan karya-karya seni kontemporer di TMII sehingga tidak hanya seni tradisional yang sudah banyak di sini," kata Edukator Contemporary Art Gallery TMII, Emily Lafina saat ditemui Kompas.com di lokasi, Sabtu (4/11/2023). 

Contemporary Art Gallery berlokasi tidak jauh dari Tourist Information Center TMII, dan berada satu gedung dengan toko merchandise. 

Galeri yang terdiri dari tiga lantai ini buka setiap hari Senin-Minggu, mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Saat ini pengunjung masih bisa masuk tanpa biaya alias gratis. 

"Memang ke depannya akan berbayar, masih dalam diskusi. Tapi sejauh ini sambil menunggu, kami terbuka untuk umum secara gratis. Setidaknya selama pameran 'Mudaku' dan 'Lang-lang Hayat'," tutur Emily. 

Pameran bertema anak muda dan kehidupan

Pameran Mudaku dan Lang-lang Hayat yang ditampilkan di Contemporary Art Gallery (CAG) TMII, Jakarta Timur, pada 28 Oktober 2023-7 Januari 2024. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Pameran Mudaku dan Lang-lang Hayat yang ditampilkan di Contemporary Art Gallery (CAG) TMII, Jakarta Timur, pada 28 Oktober 2023-7 Januari 2024.

Sebagai upaya memperkenalkan galeri yang baru dibuka, Contemporary Art Gallery untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara bertajuk “Contemporary Art Gallery: The Kick Off”.

Di dalamnya terdapat kegiatan live painting (melukis secara langsung) serta pameran seni rupa dengan tema “Mudaku” dan “Lang-lang Hayat".

"Saat ini ada dua exhibitions (pameran), yaitu 'Mudaku' dan 'Lang-lang Hayat'. 'Mudaku' menampilkan 100 karya para seniman muda yang sudah ikut tergabung dalam kegiatan live on painting pada 20-24 Oktober 2023," terang Emily. 

100 lukisan para perupa muda ini menjadi bentuk ungkapan ekspresi, bagaimana tidak mudahnya menjadi anak muda versi diri sendiri di lingkungan sosial.

Lukisan mereka, ia menjelaskan, juga menjadi media untuk menyampaikan pesan positif kepada publik tentang permasalahan dan harapan anak muda masa kini.

Hasil karya yang dihasilkan oleh para perupa muda dari kegiatan live painting dengan tema “Mudaku” dan juga “Lang-lang Hayat” menjadi pameran pertama yang ditampilkan di Contemporary Art Gallery TMII sampai tahun depan, tepatnya Minggu (7/1/2024).

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com