Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN: Pemadaman Listik Bergilir Tiap 3 Jam di Jakarta Hoaks

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock.com
Ilustrasi gangguan listrik
|
Editor: Ana Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PT PLN, Dwi Suryo Abdullah memastikan informasi terkait pemadaman listrik secara bergilir di Jakarta dan sekitarnya adalah berita bohong. 

"Tidak dilakukan (pemadaman bergilir) setiap 3 jam. Itu berita hoaks," ujar Dwi kepada Kompas.com, Senin (5/8/2019).

Ia meminta masyarakat tak mudah mempercayai informasi yang beredar dan belum jelas kebenarannya. Menurut dia, hingga kini PLN masih berusaha melakukan normalisasi. 

Adapun sebelumnya beredar di media sosial informasi sebagai berikut.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Buat yg listriknya udah nyala: Pesan dri teman yg kerja di PLN, krn tiap 3 jam akan dimatiin bergilir jadi segera isi air dan charge segala handphone atau lampu cadangan," isi informasi tersebut seperti dikutip Kompas.com, Senin.

Baca juga: Aktivitas di Ancol Tak Terpengaruh Pemadaman Listrik

Dwi mengatakan, untuk memastikan informasi yang benar, masyarakat dapat memantau akun media sosial resmi PLN dan menunggu keterangan lebih lanjut dari pihak-pihak terkait.

 

Menurut informasi terakhir yang diunggah PLN dalam akun twitter resminya, @pln_123, ada beberapa daerah di Jakarta yang belum mendapatkan pasokan listrik pada pukul Pukul 08.00 -11.00 WIB.

Dwi mengatakan, tak stabilnya pasokan listrik ini disebabkan karena adanya titik panas saat pendistribusian listrik ke Jakarta dan sekitarnya.

"Saya belum tahu nih, tadi malam memang sempat nyala, tapi karena ada hot spot, pada satu transmisi yang ada di arah Cibinong ke Gandul, maka sebagian kami kurangi," kata Dwi.

Baca juga: PLN Investigasi Penyebab Pemadaman Listrik

"Semoga pagi ini nanti hotspot penghantar di arah Jakarta terutama ke arah Gandul dari Cibinong tidak terjadi titik panas lagi," ujarnya.

Dwi memastikan gangguan ini hanya terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan untuk wilayah Pulau Jawa lainnya dan Bali pasokan listrik disebut sudah normal.

Telah diberitakan sebelumnya, listrik di sejumlah wilayah di Jawa, Bali, dan Jabodetabek mati total selama sekitar 7 jam pada hari Minggu (4/8/2019).

Baca juga: Pemadaman Listrik, PLN Harus Berikan Kompensasi

Sebelumnya PLT Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan listrik di wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat akan normal kembali sebelum pukul 00.00 hari Minggu.

Namun pada Minggu malam hingga hari ini listrik kembali padam di berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi