Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia di Balik Resleting YKK yang Mendunia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Luthfia Ayu Azanella
Risleting YKK di produk tas
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com – Pernahkah Anda memperhatikan resleting jaket, celana, tas, atau barang-barang lainnya? Adakah tulisan YKK yang tertulis dengan semua huruf berupa kapital, di sana?

Jika jawabannya adalah “iya” atau bahkan “sering” maka artikel ini akan menjawab rasa penasaran yang mungkin selama ini terpendam tentang apa dan siapa sebenarnya YKK itu?

YKK berasal dari kepanjangan Yoshida Kogyo Kabushikikaisha atau lebih dikenal sebagai Yoshida Company Limited di Jepang.

Dikutip dari Insider, Yoshida Company Limited merupakan perusahaan yang memproduksi setengah penggunaan resleting di Bumi yang didirikan oleh Tadao Yoshida pada 1934.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak tanggung-tanggung, jumlah produk YKK yang terjual setiap tahunnya mencapai 7 miliar resleting.

Meski produknya bisa disebut menguasai pasar global namun Yoshida bukanlah penemu awal dari resleting.

Baca juga: Zebra-Cross Menyerupai Resleting? Hanya Ada di AS!

Orang pertama yang menemukan inovasi untuk mengencangkan sesuatu ini adalah seorang berkebangsaan Amerika bernama Whitcomb L. Judson pada tahun 1890-an. Pada saat itu resleting disebut sebagai ‘chain lock fastener’.

Bukan tidak berkembang, perusahaan resleting milik Ludson masih ada hingga saat ini bernama Talon Inc dan digunakan oleh sejumlah merek ternama seperti Brooks Brothers dan Uniqlo.

Bahkan kualitas produknya sudah ditingkatkan secara kualitas material juga desain.
Namun dalam hal ini YKK memiliki sistem usaha yang menyeluruh di bidang ini, mula dari peleburan logam yang digunakan, produksi resleting, hingga pengemasan.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk dapat mengontrol semua bagian dari proses usahanya.

Dalam laman resminya di YKK Fastening, semua produk di sana melalui serangkaian proses kontrol kualitas yang cukup panjang.

Proses itu bermacam-macam disesuaikan dengan jenis dan material yang digunakan.

Tidak hanya resleting, YKK juga memroduksi berbagai item yang masih berkaitan dengan dunia fesyen. Di antaranya adalah kunci sodok dari bahan plastik, perekat kain, dan kancing.

Dituliskan di dalam media Amerika Serikat Slate, merek YKK terkenal sebagai produsen resleting yang dapat diandalkan, dengan pengiriman yang selalu tepat waktu. Mereka juga hadir dalam berbagai pilihan warna, bahan, juga model.

Baca juga: Curie, Si Komputer Cerdas Seukuran Kancing Baju

Karena kredibilitas semacam inilah, produk resleting YKK bisa ditemui di mana-mana, termasuk di produk fesyen yang Anda kenakan sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi