Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Gunakan TAA Ungkap Penyebab Kecelakaan Purbaleunyi, Apa itu Traffic Accident Analysis?

Baca di App
Lihat Foto
Kecelakaan beruntun di Cipularang, Jawa Barat
|
Editor: Sari Hardiyanto


KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun yang melibatkan 21 kendaraan terjadi di tol Purbaleunyi kilometer 92, Senin (2/9/2019) siang sekitar pukul 12.30 WIB.

Dari pemberitaan Kompas.com, hingga Senin (2/9/2019) sore kecelakaan tersebut telah merenggut delapan nyawa.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo, polisi akan menggunakan metode Traffic Accident Analysis (TAA) guna mengetahui penyebab dari kecelakaan tersebut.

Lalu apa itu Traffic Accident Analysis (TAA)?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari ditgakkumkorlantas.org, sebuah website resmi dari Direktorat Penegakan Hukum (Dit Gakkum) Korlantas Polri, TAA merupakan proses rekonstruksi terjadinya kasus kecelakaan.

TAA dilakukan sebagai tujuan guna memperoleh informasi berupa kronologi, pola kejadian, informasi teknis, kondisi infrastruktur, kondisi pelaku kecelakaan baik secara fisik maupun mental.

Selain itu, penggunaan TAA ini bertujuan untuk memperoleh kebenaran informasi dari kejadian kecelakaan.

Baca juga: Tak Hanya di Tol Purbaleunyi, Ini 4 Kecelakaan Maut yang Pernah Terjadi di Jalan Tol Indonesia

Dalam pelaksanaannya, TAA sudah menggunakan teknologi yang modern serta tepat dalam membantu mengungkap kecelakaan. Sehingga, akan diperoleh informasi yang benar dan akurat.

Tujuan lain dari penggunaan TAA adalah menjadi penyelesai masalah yang berkaitan dengan kecelakaan serta dapat menjadi bahan edukasi bagi masyarakat.

Semua tujuan tersebut akhirnya bermuara pada upaya menekan angka kecelakaan dan menekan tingkat fatalitasnya.

Lebih lanjut, implementasi TAA digunakan untuk mengetahui keakuratan penyebab kecelakaan dari berbagai aspek seperti manusia, kendaraan jalan atau lingkungan. 

Hal itu sebagaiamana diungkapkan dalam sebuah tesis Implementasi Traffic Accident Analysis Guna Menanggulangi Kecelakaan lalu Lintas yang disusun oleh Sabar Supriyono, SIK pada tahun 2010.

Fungsi penggunaan TAA tersebut akan memudahkan Satuan Lalu Lintas untuk merekonstruksi kasus-kasus kecelakaan yang menimbulkan banyak korban.

Hal tersebut berguna untuk kepentingan pro-yustisia ataupun pengkajian/penelitian guna mengambil keputusan yang akurat dalam rangka pencegahan atau menanggulangi kecelakaan.

Sebelumnya, kecelakaan beruntun melibatkan 20 kendaraan terjadi di kilometer 92 tol Purbaleunyi, Senin (2/9/2019) sekitar pukul 12.30 WIB. Dalam kecelakaan tersebut 8 orang meninggal dunia, 3 luka berat, dan 25 luka ringan.

Baca juga: 4 Fakta Kecelakaan Beruntun di Tol Purbaleunyi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi