Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iuran BPJS Naik 100 Persen, Berikut Cara agar Anda Tak Gampang Sakit

Baca di App
Lihat Foto
Kompas.com/ Luthfia Ayu Azanella
Ilustrasi BPJS Kesehatan
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kenaikan 100 persen iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan ramai diperbincangkan masyarakat luas. Keriuhan kenaikan BPJS ini sangat kentara di media sosial.

Netizen Indonesia beramai-ramai mengunggah kekecewaan mereka terhadap kenaikan iuran BPJS yang dianggap memberatkan.

Hingga Selasa (3/9/2019) pukul 12.45 WIB, lebih dari 14 ribu netizen Indonesia meramaikan hastag #BatalkanKenaikanBPJS.

"Saya ikut BPJS Mandiri kelas 1, alhamdulillah rutin bayar walaupun kadang telat sebulan.
Rasanya berat sekali kalau harus naik 100 persen, #BatalkanKenaikanBPJS," ungkap salah satu netizen.

Adanya BPJS memang sangat membantu saat kita sedang jatuh sakit dan memerlukan perawatan medis.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nah, agar kita tak terlalu risau dengan kenaikan iuran BPJS, sebaiknya kita fokus untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit.

Ada banyak hal yang membuat sistem imun tubuh melemah sehingga kita mudah jatuh sakit. Kurang tidur, stress, dan pola makan buruk adalah faktor-faktor pemicu melemahnya imunitas tuibuh.

Oleh karena itu, kita perlu menambah asupan nutrisi dari suplemen untuk memperkuat daya tahan tubuh. Fungsi suplemen tersebut dapat memudahkan Anda memenuhi nutrisi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik, Kualitas Layanannya Ikut Diperbaiki?

Kita juga harus tetap memperhatikan waktu tidur, mengurangi stress, menjaga tubuh agar tetap terhidrasi tubuh dan rutin berolahraga agar tubuh selalu bugar.

Apa yang kita makan juga sangat menentukan kesehatan tubuh. Melansir Hello Sehat, berikut makanan yang membantu memperkuat imunitas tubuh:

1. Buah

Buah-buahan seperti jeruk dan pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Vitamin C dalam jeruk membantu produksi sel darah putih yang bertugas menjaga tubuh dari penyakit.

Jika produksi sel darah putih rendah, maka imunitas pun melemah. Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri. Jadi, kita harus memenuhinya dari asupan makanan.

Sementara itu, pepaya mengandung enzim yang disebut papain, yang memiliki efek anti-peradangan di dalam tubuh dan baik untuk pencernaan.

Pepaya juga kaya akan Vitamin C yang bagus untuk memperkuat sistem imunitas. Kandungan lain yang ada dalam pepaya adalah potassium, vitamin B, dan folat.

2. Paprika merah

Paprika merah juga mengandung vitamin C yang dua kali lebih banyak dari jeruk. Kita bisa menyajikannya bersama sup, atau mengolahnya dengan cara ditumis.

Selain untuk memperkuat sistem imun, vitamin C juga baik untuk kulit. Kandungan lainnya yang terdapat pada paprika merah adalah beta karoten yang baik untuk kesehatan jantung, mata dan kulit.

3. Brokoli dan bayam

Sayuran seperti brokoli dan bayam juga membantu menjaga kesehatan tubuh. Brokoli kaya akan akan Vitamin C, A dan E juha antioksidan.

Kandungan vitamin di dalam bayam juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hampir sama dengan brokoli dan paprika merah, sayuran hijau ini mengandung vitamin C, beta karoten, dan antioksidan.

Baca juga: Ini Besaran Iuran BPJS Kesehatan Mulai 2020

4. Bawang putih

Riset membuktikan bawang putih dipercaya sebagai obat yang mampu melawan infeksi. Riset dari National Center for Complementary and Integrative Health juga mengklaim bawang putih mampu memperlambat pengerasan arteri dan menurunkan tekanan darah.

Bawang putih mengandung konsentrasi padat dari senyawa yang mengandung sulfur, seperti allicin. Inilah yang dapat memperkuat sistem imun kita.

5. Jahe

Selain menghangatkan tubuh, jahe juga mengandung vitamin C yang baik untuk sistem imun kita.

Jahet juga mampu mengurangi nyeri kronis dan juga dipercaya dapat menurunkan kolestrol.

8. Yogurt

Riset dari Swedia yang melibatkan 181 karyawan dalam 80 hari telah membuktikan manfaat yogurt untuk kesehatan kita.

Dengan memberikan suplemen Lactobacillus reuteri – spesifik probiotik, terungkap 33 persen peserta tidak mudah mengalami sakit dibanding dengan mereka yang diberi pil plasebo.

Probiotik mampu menstimulasi sel darah putih. Selain itu, vitamin D yang terkandung di dalamnya dapat mengatur sistem imun dan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit secara alami.

9. Kacang-kacangan atau biji-bijian

Biji-bijian dan kacang-kacangan seperti almond dan gandum juga memberi efek positif untuk kesehatan kita.

Gandum dipercaya dapat mempercepat penyembuhan dan membantu antibiotik bekerja lebih baik. Di sisi lain, kacang almond kaya akan vitamin C, vitamin E yang juga mampu memperkuat imun tubuh.

10. Sup ayam

Sup ayam ternyata juga mampu mencegah datangnya penyakit di dalam tubuh kita. Ayam kaya akan vitamin B6 yang mampu membentuk formasi sel darah merah yang sehat.

Selain itu, kaldu ayam yang dihasilkan dari tulang ayam mengandung gelatin, chondroitin dan berbagi nutrisi lainnya yang dapat membantu proses penyembuhan pada usus dan memperkuat imunitas.

Seperti diberitakan Kompas.com (3/9/2019), Pemerintah memastikan kenaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan tetap akan dilakukan meski banyak pihak yang mengkritik.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan akan mulai berlaku pada 1 Januari 2020.

Kenaikan ini untuk peserta kelas I dan II atau peserta non Penerima Bantuan Iuran (PBI) pemerintah pusat dan daerah.

Baca juga: Pengusaha Tekstil Keberatan dengan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Hello Sehat
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi