Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Usia Ideal Anak untuk Mulai Menekuni Bulu Tangkis?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNG
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Winny Oktavina Kandow saat melawan ganda campuran Malaysia, Goh Liu Ying dan Chan Peng Soon pada babak perempat final turnamen bulu tangkis Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2019).
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Bagi masyarakat Indonesia, olahraga bulu tangkis telah menjadi primadona sejak berpuluh tahun lalu. Berbagai pertandingan bulu tangkis selalu menjadi tontonan pilihan masyarakat.

Tak hanya digemari sebagai tontonan, olahraga satu ini juga dikenal memiliki berbagai manfaat.

Oleh karena itu, sebaiknya orangtua jangan menyia-nyiakan kesempatan emas untuk memperkenalkan olahraga sedini mungkin kepada anak-anak, termasuk bulu tangkis.

Selain menjaga kesehatan fisik dan mental, olahraga bulu tangkis juga bisa menjadi media anak untuk mengembangkan keterampilan sosialnya. Secara rinci, berikut manfaat olahraga bulu tangkis untuk anak:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Menyoal Audisi PB Djarum Berhenti, Ini 6 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

Selain manfaatnya yang tingi, banyaknya atlet bulu tangkis Indonesia yang berhasil menorehkan prestasi hingga tingkat internasional juga membuat banyak orangtua ingin anak-anak mereka menekuni olahraga bermodal raket dan kok ini.

Usia Ideal

Lantas, berapa usia ideal bagi anak untuk mulai bermain bulu tangkis?

Menurut Badminton Information, tidak ada ketentuan perihal usia ideal bagi anak untuk mulai bermain bulu tangkis. Biasanya, anak akan menentukan minat mereka bermain bulu tangkis dari kegiatan di sekolah.

Tapi, tak ada salahnya memperkenalkan bulu tangkis sejak dini pada anak-anak kita karena sangat baik untuk tumbuh kembang mereka.

Di Indonesia, klub bulu tangkis biasanya mulai dibuka untuk anak usia 4 hingga 5 tahun.

Di sisi lain, para ahli menyebut usia 10 hingga 12 tahun adalah usia ideal bagi anak untuk mulai bermain bulu tangkis. 

Baca juga: Menyoal Audisi PB Djarum Berhenti, Ini 6 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis

Saat menginjak usia tersebut, kemampuan motorik, kemampuan berpikir, serta kemampuan mengambil keputusan semuanya menjadi lebih baik.

Anak juga sudah mampu mengikuti arahan yang semakin lama semakin rumit dan bisa mengingatnya dengan baik. Bahkan, anak sudah mulai bisa berpikir mengenai strategi-strategi tertentu saat bermain.

Meski demikian, orang tua tetap perlu melakukan pengawasan saat anak bermain bulu tangkis karena semua jenis olahraga bisa saja menyebabkan cedera pada anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Hello Sehat
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi