Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dipercaya Lagi, Makan Salak Tak Sebabkan Sembelit

Baca di App
Lihat Foto
paulprescott72
Buah salak
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com – Indonesia sebagai negara tropis memiliki jenis buah-buahan yang begitu beragam, salah satunya adalah buah berkulit gelap bernama salak.

Buah salak sangat mudah ditemui dalam berbagai macam varian yang ada dengan harga yang relatif terjangkau. Selain harganya yang terjangkau, rasa buah salak juga manis dan segar sehingga banyak disukai oleh masyarakat.

Namun, mengonsumsi buah ini dalam jumlah berlebihan diyakini dapat menyebabkan buang air besar menjadi tidak lancar alias sembelit.

Benarkah demikian?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang dokter umum dari RS Pondok Indah, dr. Maria Lioni Kusuma menyebut buah salak tidak menyebabkan sembelit selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Baca juga: Halo Prof! Mitos atau Fakta, Buah Salak Bikin Sembelit?

Ia menjelaskan terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi lancar tidaknya sembelit seseorang, yakni usia, pola makan, dan aktivitas fisik.

“Nah, terkait pertanyaan mengenai makan salak dan sembelit, kembali lagi pada tiga faktor utama tadi yang harus dikaji. Apakah banyaknya salak yang dikonsumsi sampai mengurangi jumlah buah, sayur, dan makanan berserat yang lain?” kata Maria.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan jika memakan buah salak dan setelahnya mengalami sembelit, apakah asupan air yang dikonsumsi masih terbilang kurang?

Jika jawabannya adalah tidak, maka tidak akan ada masalah kesehatan yang ditimbulkan.

Terlebih jika memakan buah salak beserta bagian kulit tipis atau kulit ari buah salak.
Oleh karena itu, Maria menyebut masyarakat tidak perlu khawatir saat mengonsumsi buah salak.

Penjelasan medis tentang sembelit

Sembelit yang juga disebut sebagai konstipasi adalah berkurangnya kecepatan pergerakan usus yang menyebabkan seseorang sulit melakukan buang air besar (BAB).

Sulit BAB ini bisa karena dua hal, dorongan BAB yang jarang dan tingkat konsistensi feses yang sangat keras, sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Gejalanya, seseorang bisa merasa begah atau kembung, jarang BAB, membutuhkan waktu lama untuk mengejan, dan bentuk BAB yang seperti kerikil dan berwarna gelap.

Sementara BAB yang normal adalah feses memiliki bentuk akan tetapi tidak keras, sehingga tidak membutuhkan upaya ekstra untuk mengeluarkannya.

Baca juga: Gara-gara Mutiara Bubble Tea, Gadis di China Alami Sembelit 5 Hari

"Buang Air Besar (BAB) normal itu sendiri frekuensinya bervariasi, bisa dari tiga hari sekali sampai dengan tiga kali sehari,” ujar Maria.

Namun, semakin tua usia seseorang, maka pergerakan ususnya semakin melambat. Untuk menjaga kelancaran BAB dia perlu memperbanyak asupan nutrisi dari sayur berserat tinggi dan pemberian probiotik.

Selain itu, olahraga teratur yang disesuaiikan dengan kondisi tubuh juga sangat diperlukan.

“Semakin sehat pola makan seseorang - mencakup jumlah konsumsi air minimal 2,5 liter sehari dan tinggi serat - pola BAB pun akan semakin teratur dan semakin kecil kemungkinan sembelit. Semakin aktif kegiatan fisik atau olahraga teratur, pergerakan usus dan pola BAB akan semakin baik,” jelas Maria.

Adapun jumlah serat yang disarankan untuk dikonsumsi seseorang per harinya berbeda-beda, perempuan membutuhkan 25 gram serat sementara laki-laki membutuhkan 10 gram lebih banyak.

Sayangnya, pada umumnya masyarakat Indonesia baik laki-laki maupun perempuan masih mengonsumsi serat dalam jumlah yang sangat kurang, yakni hanya 15 gram per harinya.

Sumber: Kompas.com/ Shierine Wangsa Wibawa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi