Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Seleksi CPNS 2019 Dibuka? Ini Jawaban BKN

Baca di App
Lihat Foto
TRIBUN JOGJA / HASAN SAKRI GHOZALI
Buku latihan soal tes calon pegawai negeri spil (CPNS) yang dijual di lokasi penyerahan berkas lamaran di Youth Center, Sleman, DI Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun ini.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, pengumuman rekrutmen CPNS menunggu masa pemerintahan baru.

"Pengumuman resmi menunggu pemerintahan baru terbentuk. Sekitar minggu IV Oktober," kata Ridwan melalui pesan WhatsApp kepada Kompas.com, Senin (30/9/2019) siang.

Ridwan menjelaskan, pengumuman tersebut meliputi alokasi formasi hingga tata cara pendaftaran.

Menurut dia, rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019 akan berfokus pada rekrutmen CPNS saja dan tidak melakukan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"(Rekrutmen bulan Oktober hanya) CPNS saja. Untuk P3K (PPPK), sebagian besar daerah tidak punya anggaran untuk menggaji mereka. Sementara ini fokus kami ke penerimaan CPNS 2019," ujar Ridwan.

Sementara itu, kursi yang dialokasikan untuk rekrutmen CPNS 2019 ini sebanyak 197.111 formasi.

Baca juga: Jangan Terjebak, Ini Hoaks Seputar CPNS yang Perlu Anda Tahu...

Finalisasi Formasi Pengadaan CPNS 

Diberitakan sebelumnya, pengumuman lengkap mengenai rekrutmen CPNS 2019 dapat diakses melalui situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pada 10 September 2019 lalu, disebutkan bahwa saat itu Kemenpan RB tengah melakukan finalisasi penetapan formasi pengadaan CPNS 2019 untuk instansi pusat maupun daerah.

Setelah itu, setiap instansi yang mendapatkan formasi akan mengumumkan pengadaan CPNS di instansi masing-masing yang terdiri dari jabatan lowong dan akan diisi, jumlah formasi setiap jabatan, persyaratan setiap jawabatan (termasuk syarat pendidikan minimal), serta tata cara dan waktu pendaftaran.

Antusias masyarakat terhadap rekrutmen CPNS masih tinggi. Terkadang, beberapa oknum tak bertanggungjawab memanfaatkan kesempatan seperti ini.

Sehingga, masyarakat pun diminta untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap segala informasi yang berkaitan dengan rekrutmen CPNS.

Baca juga: CPNS Dosen Harus S3, Ini Alasan Kemenristekdikti

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi