Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Karir Mulan Jameela, dari Penyanyi hingga Lolos ke Senayan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari
Mulan Jameela usai mengikuti pembekalan anggota MPR 2019-2024 di Gedung DPR/MPR, Minggu (29/9/2019).
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Mulan Jameela terpilih sebagai salah satu anggota DPR periode 2019-2024. Kemenangan tersebut diperoleh dari proses yang panjang, dimulai dari proses pemenangannya melalui gugatan terhadap partai pengusungnya, yaitu Partai Gerindra hingga kursinya yang menggeser posisi dua caleg terpilih.

Usai proses yang panjang, Mulan akhirnya berhasil melenggang ke Senayan.

Hari ini, Selasa (1/10/2019), ia beserta 574 anggota DPR terpilih lainnya menjalani pelantikan.

Sepak Terjang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu, bagaimana perjalanan Mulan Jameela hingga bisa berkarir di dunia politik?

Mulan Jameela lahir di Garut, 23 Agustus 1979 dengan nama Raden Terry Tantri Wulansari.

Ia memulai karir sebagai seorang penyanyi di Bandung.

Album solo pertamanya yang bertajuk Kekal dikeluarkan pada tahun 2000. Sayangnya, album tersebut gagal di pasaran.

Namanya mulai dikenal khalayak saat memenangkan audisi Duo Ratu di tahun 2005 untuk menggantikan posisi Pinkan Mambo.

Ia memulai debut di Duo Ratu bersama Maia Estianty dengan nama baru, yaitu Mulan Kwok. Album-album yang dirilis Duo Ratu rata-rata terjual ratusan ribu kopi.

Baca juga: Selain Mulan Jameela, Ini Kiprah 3 Artis Pendatang Baru di DPR

Karir Tarik Suara, Akting, dan Bisnis

Di awal tahun 2007, Mulan hengkang dari Duo Ratu sebagai buntut dari masalah internal yang dialaminya dengan Maia dan manajemen Ratu. Ia pun melanjutkan karirnya sebagai penyanyi solo dan bergabung dengan Republik Cinta Manajemen Artis (RCMA) milik Ahmad Dhani.

Di tahun 2008, Mulan mengganti nama panggung menjadi Mulan Jameela. Ia merilis album solo pertamanya dengan lagu-lagu andalan seperti "Wonder Woman" dan "Makhluk Tuhan Paling Sexy". Penjualan dari lagu-lagu tersebut pun mencetak rekor hingga memperoleh penghargaan platinum oleh EMI.

Karirnya di bidang tarik suara juga dikenal di luar Indonesia seperti Malaysia dan Singapura. Ia menjadi solois Indonesia satu-satunya yang dinominasikan pada MTV Asia Awards 2008 di Genting, Malaysia.

Selain berkarir sebagai penyanyi, Mulan juga menjajal dunia akting. Ia pernah bermain di sejumlah sinetron, FTV, dan Film.

Kemampuannya dalam berakting pun terbukti dengan masuknya ia ke dalam nominasi Actress/Actor Breaktrough dalam ajang MTV Indonesia Movie Awards 2007.

Di bidang bisnis, Mulan sempat membuka galeri furniture HER DESIGN di bilangan Kemang, Jakarta Selatan pada tahun 2009. Dalam bisnis ini, ia berpartner dengan Ahmad Dhani.

Baca juga: Menanti Kiprah Krisdayanti, Mulan Jameela, dan Kawan-kawan di Senayan...

Karir Politik

Mulan memulai peruntungannya di bidang politik dengan turut serta dalam pemilihan anggota DPR RI April lalu.

Ia mencalonkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Gerindra untuk daerah pemilihan Jawa Barat XI, yaitu meliputi Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya. Mulan menempati urutan kelima di dapilnya.

Diberitakan Kompas.com (21/09/2019), Mulan hanya mampu meraih suara sebanyak 24.192. Jumlah tersebut belum mampu meloloskannya menjadi anggota parlemen. Oleh karena itu, ia pun melakukan gugatan terhadap partai pengusungnya, yaitu Partai Gerindra.

Ia menginginkan PN Jaksel agar DPP Partai Gerindra mempunyai hak untuk menetapkan ia dan beberapa rekannya sebagai anggota legislatif terpilih karena suara partai yang lebih besar dari pemilih caleg langsung.

Gugatan tersebut pun berakhir dengan putusan bahwa pihak tergugat, yaitu Partai Gerindra dapat melakukan langkah administrasi internal untuk memastikan caleg tersebut dapat menjadi anggota legislatif.

Diberitakan Kompas.com (21/09/2019), Mulan Jameela akhirnya ditetapkan sebagai anggota DPR oleh KPU dengan dikeluarkannya Surat Keputusan bernomor 1341/PL.01.0-Kpt/06/KPU/IX/2019 tanggal 16 September 2019 tentang perubahan atas keputusan KPU Nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019.

Mulan pun resmi terpilih menjadi anggota legislatif DPR RI periode 2019-2024 dan dilantik Selasa (1/10/2019).

Baca juga: Dilantik, Ini Tugas DPR Selama 5 Tahun Mengabdi

(Sumber: Kompas.com/Dandy Bayu Bramasta, Tri Susanto Setiawan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: kompas.com
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi