Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, BMKG Sebut 8 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini

Baca di App
Lihat Foto
kulkann
Ilustrasi hujan
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya sejumlah wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat pada 1-3 Oktober 2019.

Selama 3 hari itu, wilayah Indonesia mengalami dua kondisi, seperti potensi hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir; dan juga potensi hujan dengan intensitas lebih lebat dan petir.

Dari dua kondisi tersebut tersebar merata di sejumlah wilayah di Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (2/10/2019) ada 8 wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Maluku.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemudian, untuk daerah di Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intesitas lebih tinggi dan disertai angin kencang serta petir hari ini, yaitu Aceh, Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Adapun potensi munculnya hujan lebat disertai angin kencang dan kilat ini disebabkan terdapatnya sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Timur Philipina (level 925/700) dan Australia bagian Utara (925/900).

Sementara, untuk daerah belokan angin terdapat di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Pihak BMKG menjelaskan bahwa hal tersebut memunculkan kondisi low jet level dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 knot yang berpotensi terjadi di Laut Arafuru.

Selain itu, muncul juga konvergensi yang memanjang di utara Kalimantan.

Selanjutnya, hujan lebat disertai angin kencang dan petir juga masih berpotensi pada keesokan harinya, Kamis (3/10/2019).

Baca juga: BMKG: Hujan Lebat Diperkirakan Mengguyur Indonesia Sepekan ke Depan

Masih Berlanjut

Adapun wilayah yang berpotensi diguyur hujan lebat pada besoknya, yakni Sumatera Barat, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

Sementara, untuk wilayah Indonesia yang berpotensi diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Sebelumnya, wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat terdapat di wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

Kemudian, untuk wilayah Indonesia yang berpotensi mengalami intensitas hujan lebih lebat dan disertai angin kenang serta petir, terjadi di Aceh, Kalimantan Barat, dan Papua.

Kepala Bagian Humas BMKG Taufan Maulana mengimbau kepada masyarakat Indonesia, terutama warga yang berdomisili di wilayah-wilayah yang disebutkan agar selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang.

Sikap persiapan diri dengan peralatan antisipasi hujan juga diperlukan dalam menghadapi kondisi cuaca tersebut.

Baca juga: BMKG Ungkap Adanya 3 Sesar Sumber Gempa di Kalimantan Timur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi