Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Typo Mental BreadTalk, Kanye West Pernah Alami Mental Breakdown

Baca di App
Lihat Foto
Image via Getty/Edward Berthelot/GC Images
Pendiri Yeezy Kanye West
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Topik mental breadtalk, menjadi perbincangan utama di kalangan pengguna Twitter dari pagi hingga siang hari tadi, Kamis (3/10/2019).

Usut punya usut, topik tersebut muncul seteleh tersebarnya tangkapan layar percakapan seseorang yang salah mengetik mental breakdown menjadi mental breadtalk.

Sebenarnya, apa itu mental breakdown dan bagaimana cara mengatasinya?

Mental breakdown merupakan istilah populer untuk menjelaskan fase kemunculan berbagai gejala fisik dan mental serta perubahan perilaku yang sangat intens sebagai puncak reaksi negatif terkait stres berat, kepanikan, dan cemas berlebihan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mental breakdown bisa juga disebut dengan nervous breakdown, yaitu suatu kondisi di mana kita terus menerus mengalami stres berat sehingga otak tidak dapat beraktivitas normal seperti biasa.

Baca juga: Ramai Typo Mental Breadtalk di Twitter, Ini 4 Cara Cegah Mental Breakdown

Bahkan, mental breakdown bisa membuat kita nekat melakukan hal-hal berisiko seperti mabuk-mabukan atau menyetir ugal-ugalan dengan kecepatan tinggi.

Pikiran yang terus dihantui stres dapat menimbulkan masalah mental yang serius. Pasalnya, stres berat lama-lama dapat memengaruhi susunan otak yang menyebabkan penurunan kemampuan otak untuk memproses informasi.

Mental breakdown ini biasanya muncul ketika seseorang tidak dapat lagi mengatasi stresnya. Selebriti papan atas sekelas Kanye West pun pernah mengalami kondisi ini tepat saat ia sedang konser.

Kanye tiba-tiba mengamuk dan menghentikan konser usai menyanyikan dua lagu, sebelum akhirnya turun panggung.

Setelah dibawa ke rumah sakit diketahui bahwa Kanye mengalami mental breakdown yang dipicu oleh kombinasi kelelahan, dehidrasi, dan stres berat akibat segunung persoalan dalam kehidupan pribadinya.

Tanda-tanda mental breakdown

Orang yang mengalami mental breakdown biasanya kesulitan menjalani kegiatan normal sehari-hari bahkan yang sederhana sekalipun.

Mereka juga mengalami perubahan selera makan, sulit tidur atau insomnia, gejolak perubahan emosi, kurang peka terhadap kondisi tubuh sendiri, seperti menjadi kurang peduli dengan penampilan dan menelantarkan kebersihan pribadi; hingga kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas yang tadinya dianggap menyenangkan.

Beberapa orang yang mengalami mental breakdown bahkan bisa mengalami serangan cemas atau panik.

Baca juga: Megan Fox Mengaku Alami Gangguan Mental Usai Bintangi Transformers

Yang harus dilakukan

Mental breakdown bukan tergolong penyakit atau gangguan mental, tapi bisa menjadi tanda awal dari depresi atau krisis kesehatan mental yang serius.

Jika terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter atau psikologis terpercaya. Agar tetap rileks ketika mengalami mental breakdown, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber: Hello Sehat
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi