Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Penghargaan Wirausaha saat Wisuda, Ini Deretan Bisnis Kaesang

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Ihsanuddin
Putera bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep saat Grand Opening Mangkok Ku di Tanjug Duren, Jakarta Barat, Sabtu (20/7/2019).
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Putra bungsu Presiden Joko Widodo dinyatakan lulus dari pendidikannya di Singapore University of Social Sciences (SUSS).

Melansir Strait Times, Rabu (9/10/2019), Kaesang lulus dengan gelar Sarjana di bidang Marketing dengan peminatan di Komunikasi. 

Dia juga meraih penghargaan sebagai satu dari tiga mahasiswa yang dianggap berprestasi di bidang wirausaha. Pemuda 24 tahun itu mendirikan bisnis di beberapa bidang, seperti:

Sang Javas

Kaesang meeluncurkan bisnis lini busana berupa kaus bermerek Sang Javas. Kaus yang ia produksi ini bertemakan kecebong.

Menurutnya, kecebong merupakan hewan yang memiliki nilai filosofis mendalam sebagai simbol metamorfosa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam kehidupan, hewan ini bermetamorfosa dari kecebong kecil menjadi berudu berkaki, kemudian berubah menjadi katak muda sebelum akhirnya menjadi katak dewasa.

Sebelum meluncurkan Sang Javas, Kaesang telah menjajal bisnis clothing sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas.

Namun ia gagal dua kali saat itu karena kurang mengetahui secara teknis mengenai bisnis tersebut.

Baca juga: Status Kaesang sebagai Putra Presiden Jokowi Terungkap Saat Wisuda, Wisudawan di Singapura Terkejut

Sang Pisang

Salah satu usaha kuliner yang dirintis putra presiden ini adalah Sang Pisang. Usahanya ini menawarkan olahan pisang dalam berbagai varian rasa, seperti tiramisu almond, avocado milo, vanilla koko krunch, dan choco cheese.

Ternakopi

Setelah terjun di bisnis pisang goreng dengan label Sang Pisang, Kaesang melebarkan bisnis kulinernya dengan membuka kedai kopi.

Tak seperti kedai kopi pada umumnya, bisnis milik Kaesang ini berada di sebuah kontainer yang sudah dimodifikasi. Kemasan kopi yang dijual juga berbeda dan hanya mengandalkan botol plastik.

Adapun harga yang dipatok untuk satu botol kopinya sebesar Rp 20.000.

"Karena sebenarnya kita jual konsepnya take away. Nah sebenarnya ini tuh kemasan sementara kami. Mungkin 3-4 bulan lagi kita ganti dengan yang ramah lingkungan," kata Kaesang.

Ia mengaku, untuk menu kopi ada beberapa varian yang diracik sendiri. Kaesang juga mengatakan, ia pernah mengikuti kursus menjadi barista sebelum memulai usahanya.

Mangkok Ku

Selain bisnis kuliner dan lini busana yang ia rintis sendiri, Kaesang juga merintis usaha bersama dengan kakaknya, Gibran Rakabuming dan Chef Arnold.

Ketiganya memutuskan untuk membuka bisnis restoran dengan nama Mangkok Ku yang menyajikan menu rice bowl dengan enam varian. Adapun harga per porsinya dibanderol Rp 19.000-Rp 50.000.

Baca juga: Cerita Jokowi Sempat Meremehkan Sang Pisang...

Kedai Rakyat

Kolaborasi dalam usaha tak hanya dilakukan dengan Chef Arnold dan Gibran. Bersama dengan Bobby Nasution, Kaesang dan Gibran membuka gerai kuliner Kedai Rakyat di Medan.

Di kedai ini, pembeli dapat menikmati menu dari Markobar milik Gibran, Sang Pisang milik Kaesang, dan Kopi Jolo milik Bobby.

Usaha lain

Selain di bidang kuliner dan clothing ia juga menggeluti bisnis board game bersama dengan kakaknya, Gibran serta rekan mereka Erwin J. Skripsiadi. Bersama, mereka merintis usaha yang dinamai Hompipa! Games.

Kolaborasi kakak beradik tersebut juga tertuang dalam bisnis jas hujan dengan merek Tugas Negara Bos!. Selain itu, puta orang nomor satu ini juga mengembangkan aplikasi Madhang.id

(Sumber: Strait Times. Kompas.com/Akhdi Martin Pratama, Caroline Damanik, Ihsanuddin, Mei Leandha, Putri Syifa Nurfadilah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi