Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal DNA, Gen dan Cara Keduanya Memengaruhi Seseorang...

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
DNA
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com – Proyek Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli yang dilakukan oleh sebuah majalah sejarah dan melibatkan sejumlah artis ramai diperbincangkan publik.

Pasalnya dalam proyek yang melibatkan Najwa Shihab, Ariel NOAH, Mira Lesmana hingga Riri Reza tersebut ditemukan banyak kejutan.

Salah satunya adalah hasil tes DNA Najwa Shihab yang ternyata hanya memiliki gen Arab sebesar 3,4 persen.

Padahal, selama ini Najwa dikenal sebagai warga Indonesia keturunan Arab.

Berdasarkan penelitian tersebut, Najwa justru memiliki 10 fragmen DNA dari 10 leluhur yang berbeda-beda.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantas, apa itu DNA, Gen dan bagaimana keduanya memengaruhi manusia?

Melansir dari Medical News Today, setiap makhluk hidup memiliki gen, dan setiap gen terbuat dari zat yang disebut asam deoksiribonukleat atau yang kerap disebut dengan DNA.

Gen berada di seluruh tubuh.

Fungsi dari gen adalah seperangkat instruksi yang menentukan seperti apa organisme itu, penampilannya, bagaimana bertahannya, dan bagaimana berperilaku di lingkungannya.

Gen menjadi bagian dari DNA yang kemudian bertanggungjawab terhadap fungsi pembuatan protein.

Setiap untaian molekul DNA tunggal yang panjang disebut sebagai kromosom yang di dalamnya mengandung informasi genetik yang penting.

Gen memiliki variasi yang rumit. Pada setiap manusia ukurannya beberapa ratus basis hingga lebih dari 2 juta basis.

Sedangkan kromosom dimiliki manusia sejumlah 23 kromosom yang saling berpasangan atau total 46 kromosom.

Setiap set kromosom yang berpasangan, berasal dari Ibu dan yang lainnya berasal dari ayah.

Sperma jantan dan sel telur betina membawa satu set 23 kromosom masing-masing, termasuk 22 autosom plus kromosom seks X atau Y.

Seorang wanita mewarisi kromosom X dari setiap orang tua, sedangkan pria mewarisi kromosom X dari ibu mereka dan kromosom Y dari ayah mereka.

Baca juga: Ramai soal Tes DNA, Ini Penjelasan Ahli Biologi Molekuler

Bagaimana DNA dan Gen didapat?

DNA dan gen ditularkan melalui garis keturunan. Blok pembangun DNA disebut nukleotida yang terdiri tiga bagian: gugus fosfat, gugus gula, dan satu dari empat jenis basa nitrogen.

Gen terdiri dari kombinasi panjang empat basa nukleotida yang berbeda yakni A(adenine), C(sitosin), G(guanin), dan T(timin).

Kombinasi berbeda dari huruf-huruf ACGT membuat setiap orang memiliki karakteristik berbeda. Misal, seorang dengan kombinasi ATCGTT kemungkinan memiliki mata biru, sedangkan seorang dengan kombinasi ATCGCT kemungkinan memiliki mata cokelat.

Gen kemudian membawa kode-kode ACGT tersebut. Pekerjaan mereka seperti program komputer yang membuat ciri setiap individu.

Diberitakan Kompas.com, Rabu (16/10/2019), Deputi Fundamental Eijkman Institute Prof Dr Herawati Aru Sudoyo mengatakan, tes DNA dilakukan untuk mengetahui lebih jauh tentang asal usul orang Indonesia dan menilik kembali siapa nenek moyang kita.

Informasi dari tes DNA akan membantu kita mengetahui siapa diri kita sebenarnya. Bukan tidak mungkin, nenek moyang kita berasal dari benua dan budaya yang berbeda dari apa yang kita kira selama ini.

Misalnya saja, kedua orangtua kita adalah orang Jawa, begitu pula dengan kakek nenek kita. Tapi siapa yang tahu, nenek moyang kita siapa? Ini seperti Najwa Shihab yang diketahui memiliki 10 fragmen DNA dari 10 nenek moyang berbeda setelah berpartisipasi dalam proyek DNA ini.

Baca juga: Sejarah Antivirus dan Anggaran Perangkat Lunak Pemprov DKI...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi