Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kunjungan Pelantikan Presiden, Wapres China Kunjungi Solo

Baca di App
Lihat Foto
Justin Chin/Bloomberg
Wakil Presiden China Wang Qishan menyampaikan pidato kunci (keynote) di Forum Bloomberg New Economy Forum yang digelar di Hotel Capella, Singapura, Selasa (6/11/2018)
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com – Wakil presiden Republik Rakyat China (RRC), Wang Qishan datang berkunjung ke Kota Solo Jawa Tengah pada Jumat (18/10/2019).

Pada kunjungannya ke Kota Solo, Wang Qishan bertemu dengan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo beserta Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

Dikutip dari Kompas.tv Sabtu (19/10/2019), dampak dari pertemuan ini diharapkan kerja sama antara Pemerintah Solo dan Jawa Tengah dalam bidang ekonomi yang positif bisa terjalin.

“Kami sangat berharap dengan kedatangan wakil presiden ini disampaikan ke pengusaha, investor dari RRC untuk datang ke Jawa Tengah,” ujar Taj Yasin.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam acara ramah tamah yang dilakukan di rumah jabatan Wali Kota Solo Loji Gandrung ini juga disambut dengan pertunjukan Tari Gambyong.

Baca juga: Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Bandara Halim Bersiap Sambut Tamu Kenegaraan

Tarian Gambyong dihadirkan sebagai tarian penyambutan bagi adanya tamu istimewa.

Dikatakan Yasin, selain Gambyong, tarian lain seperti Bambang Cakil juga dipertunjukkan dalam pertemuan dengan wakil negara China tersebut.

Pertunjukan tari-tarian ini diharapkan bisa memberikan citra bahwa orang Jawa Tengah adalah masyarakat yang ramah.

Ia berharap,  nantinya kesan masyarakat yang ramah  bisa diteruskan oleh Wakil Presiden RRC yang hadir.

“Pak walikota memberikan contoh tari-tarianan yang begitu legendaris juga tentang tari Bambang dan Cakil, artinya itu permasalahan-permasalahan di Jawa Tengah bisa diuraikan dengan kedamaian dan kegotongroyongan warga Jawa Tengah,” ujarnya.

Siap Hadiri Pelantikan Presiden

Salah satu agenda Wang Qishan datang ke Indonesia, salah satunya adalah akan hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden pada tanggal 20 Oktober 2019.

Sebelum berada di Loji Gandrung, Wakil Presiden China ini sempat berkeliling kota Solo dan mengunjungi Museum Purba Sangiran yang ada di Sragen.

Hari ini, Sabtu (19/09/2019), Wang Qishan juga bertemu Jusuf Kalla di hari terakhir masa jabatannya sebagai wakil presiden.

Dilaporkan Kompas.com Sabtu (19/9/2019), Wang beserta rombongan tiba di Istana sekitar pukul 11.45 WIB.

"Waktu saya menjabat sebagai Gubernur Beijing, saya ke Jakarta dan disambut Bapak Presiden. Hari ini bertemu lagi rasanya sangat ramah," kata Wang kepada Kalla.

Artikel ini telah tayang di Kompas.tv dengan judul Wakil Presiden Tiongkok Kunjungi Solo, Kerjasama Tiongkok-Jawa Tengah Segera Terjalin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi