Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadir di Istana, Wishnutama Sempat Sebut Tak Bercita-cita Jadi Menteri

Baca di App
Lihat Foto
ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A
Pendiri NET TV Wishnutama memberi hormat saat meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana, Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya kepada publik hari ini usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya periode tahun 2019-2024 bersama Wapres Maruf Amin.
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika


KOMPAS.com – Nama-nama menteri yang masuk dalam susunan kabinet baru pemerintahan Jokowi – Ma’ruf periode 2019-2024 banyak mengundang rasa penasaran publik.

Salah satu nama yang disebut sebagai bakal calon menteri Kabinet Kerja Jilid 2 adalah sosok pendiri Net TV, Wishnutama. Hal tersebut terindikasi dari kehadiran Wishnutama ke Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (21/10/2019).

"Bapak (Presiden) menyampaikan, saya diminta bantu beliau," kata Wishnutama seusai bertemu Presiden.

Sosok Wishnutama sendiri selama ini bukanlah tokoh yang dikenal publik sebagai seseorang yang memiliki pengalaman menduduki bidang birokrasi.

Wishnu, lebih banyak dikenal sebagai seseorang berkecimpung dalam dunia ekonomi kreatif.
Meski demikian, potret kedekatan Wishnutama dengan Jokowi telah beberapa kali terlihat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahkan, dugaan Wishnutama akan menduduki posisi Menteri juga pernah berhembus sebelumnya.

Namanya muncul dalam hoaks draf calon Menteri Jokowi. Dalam draf tersebut, Wishnu didapuk sebagai calon Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Semobil dengan Jokowi, Wishnutama Bantah Jadi Calon Menteri

Jauh sebelum berhembus kabar Wishnutama bakal menjadi calon menteri, pendiri Net TV ini terlihat cukup dekat dengan Jokowi dalam beberapa kesempatan.

Tak bercita-cita jadi menteri

Seperti diberitakan Kompas.com (27/07/2019), Wishnutama terlihat satu mobil dengan Presiden Jokowi pada saat menuju acara pembubaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Restoran Seribu Rasa Menteng, Jakarta.

Ketika itu, ia sempat menyatakan kehadirannya semobil dengan Jokowi bukan berarti dirinya serta merta masuk dalam daftar calon menteri.

"Saya enggak punya cita-cita jadi menteri. Passion saya (Anda) tahu, kira-kira apa. Enggak usah saya jelasin," ujar Wishnutama saat itu.

Kini, meskipun dirinya masih mengakui tak bercita-cita menjadi menteri, pada Senin (21/10/2019), kepada wartawan dirinya menyatakan diri siap membantu pemerintahan.

"Ya walaupun saya tidak pernah bercita-cita menjadi menteri, tapi untuk sebuah kebaikan bangsa kita, saya bersedia," ujarnya.

Wishnu juga menyampaikan, dirinya juga siap mundur dari Net TV dan sejumlah jabatan swasta lain yang dipimpinnya termasuk posisinya di Kumparan.

Selain semobil, Wishnutama juga pernah terlihat saat Jokowi bersama Erick Thohir menaiki MRT pada 20 April 2019.

Ketika itu, ketiganya bersama-sama menikmati makan siang di Grand Indonesia.

Jokowi mengaku dirinya hanya sekedar santap siang dan silaturahmi, dan tidak membahas hal yang lain.

Kesuksean pembukaan Asian Games 2018

Sosok Wishnutama, selama ini juga dikenal sebagai orang dibalik suksesnya gelaran ASIAN Games 2018.

Olimpiade yang diadakan tahun lalu tersebut menampilkan aksi presiden Jokowi bersepeda motor lengkap dengan manuver-manuvernya.

Saat itu, aksi Jokowi banyak mendapatkan cibiran warganet karena menggunakan stuntman dalam aksinya.

Wishnutama, yang turut berperan dalam proses persiapan aksi menanggapi cibiran warganet dengan menilai hal itu adalah hal yang wajar.

"Loh iya masa sih Presiden saya suruh beneran loncat? Sekelas Arnold Schwarzenegger orang segitu gaharnya aja tetap pakai stuntman kok,” ucap Wishnutama dalam perbincangan dengan artis music Anji yang diunggah dalam chanel YouTube Dunia Manji pada Selasa (21/8/2018).

Baca juga: Wishnutama Cocok Jadi Menteri Apa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi