Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Muda Non Politisi di Bursa Calon Menteri, Jadi Gebrakan Jokowi?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Joko Widodo saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com – Usai pelantikan presiden untuk periode 2019-2024 digelar, nama-nama menteri yang akan menduduki kabinet pemerintahan Joko Widodo, santer dibicarakan publik.

Publik penasaran, siapa saja yang akan menduduki kursi Kabinet Kerja Jilid 2 di pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Sejumlah nama, yang dipanggil presiden ke Istana Kepresidenan pada Senin (21/10/2019) disinyalir kuat akan dipilih Presiden Joko Widodo sebagai menteri di Kabinet Jokowi kali ini.

Beberapa tokoh yang terlihat hadir ke Istana hari ini adalah wajah-wajah lama.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, yang kemudian menjadi sorotan, adalah hadirnya sejumlah wajah baru ke Istana.

Wajah-wajah baru tersebut diantaranya adalah Nadiem Makarim, Wishnutama, serta Erick Thohir.

Baca juga: Bambang Soesatyo: Presiden Jokowi Ingin Ada 8 Menteri Perempuan di Kabinet

 

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Mada Sukamjati, berpendapat, sosok-sosok non politis seperti mereka lebih memiliki orientasi jangka panjang, berbeda dengan para politisi yang orientasinya cenderung lebih pendek hanya ketika masa jabatan saja.

“Orang-orang seperti ini orientasi lebih jangka panjang, dan lebih konkret upayanya, berbeda dengan politisi logikanya jangka pendek, mungkin sampai 2024 mereka berpikir, dan cenderung bermain retorika saja,” kata Mada.

Selama ini, baik Nadiem, Wishnutama, maupun Erick Thohir dikenal publik bukanlah sebagai sosok orang-orang yang berada di lingkungan birokrasi.

Ketiganya, merupakan sosok-sosok yang memang profesional dalam bidangnya masing-masing.

Nadiem, dikenal sebagai CEO Go-Jek yang merupakan startup Decacorn pertama Indonesia.
Sementara itu, Wishnutama merupakan sosok yang dikenal sebagai CEO Net TV, dan Erick Thohir adalah pendiri Mahaka Group.

Wajah muda jadi gebrakan Jokowi

Hadirnya wajah-wajah muda, dan orang yang notabene bukanlah politisi ini menjadi gebrakan yang tak biasa yang dilakukan Jokowi.

Mada menilai kemunculan anak-anak muda yang dihadirkan Jokowi, sangat terkait dengan 5 poin prioritas yang disampaikan Jokowi dalam pidato presiden.

“Munculnya anak-anak muda sangat terkait 5 prioritas, terutama untuk menggerakkan ekonomi kreatif yang potensinya besar,” ujarnya.

Jika benar sosok-sosok muda tersebut yang notabene sosok-sosok non politis hadir di dalam kabinet Jokowi, Mada menilai ini adalah strategi Jokowi untuk mengelola tekanan dari para politisi dan partai.

Ini artinya Jokowi berusaha agar tak berada dalam kendali partai politik, karena tokoh-tokoh tersebut juga berasal bukan dari kalangan partai.

Baca juga: Nadiem Jadi Menteri, Pengemudi Ojol: Semoga Keluh Kesah Kita Mudah Didengar Pemerintah

“Menurut saya sedang dijajaki kemungkinan orang-orang seperti ini untuk kemudian nanti bisa mengimbangi tekanan politisi,” ucap Mada.

Selain itu, menurutnya karena desain awal pemerintahan Jokowi bukanlah kompromi, akan tetapi percepatan akselerasi, teknokrasi, dan percepatan pembangunan.

Sosok-sosok seperti Nadiem Makarim menurut Mada adalah orang dengan legitimasi yang sudah tampak, sehingga hal tersebut menjadi kelebihan yang bisa bermanfaat untuk Jokowi.

“Mereka memiliki legitimasi yang tampak, misalnya Nadiem dengan Go-Jeknya semua orang tau. Kalaupun akan di-challenge para politisi, itu jokowi akan memakai energi publik membalik challenge dari politisi,” katanya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi