Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditunjuk sebagai Plt Kapolri, Siapa Sosok Ari Dono Sukamto?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Devina Halim
Wakapolri Komjen Ari Dono di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan (2/10/2018).
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com – Presiden Jokowi menunjuk Wakapolri Komjen Ari Dono Sukamto menggantikan sementara posisi Jenderal (Pol) Tito Karnavian. Ia ditunjuk sebagai pelaksana tugas (Plt) Kapolri.

Seperti diketahui, DPR menyetujui surat permintaan yang dikirimkan Presiden Jokowi terkait pemberhentian Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian dari jabatannya, Selasa (22/10/2019).

Meski begitu, pemberhentian Tito dari jabatan Kapolri belum dipastikan terkait dengan kemungkinannya bergabung ke dalam kabinet Jokowi 2019.

Kabar mengenai Tito bergabung sebagai calon menteri Jokowi mulai berembus ketika ia terlihat datang ke Istana Kepresidenan Senin (21/10/2019).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari setelah kemunculannya di Istana, Tito berhenti dari jabatannya sebagai Kapolri dan digantikan oleh Ari Dono Sukamto.

Baca juga: DPR Setujui Surat Pemberhentian Tito Karnavian sebagai Kapolri

Sosok Ari Dono Sukamto

Lantas, siapakah sosok Ari Dono Sukamto yang menggantikan Tito?

Ari merupakan sosok dari kepolisian yang kariernya menanjak tahap demi tahap.

Berdasarkan catatan Harian Kompas Ari Dono pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Polda Sulawesi Tengah, dan pada 2013, posisi Ari Dono yang semula wakil, kemudian naik sebagai Kepala Polda Sulawesi Tengah.

Setelah itu, karir Ari Dono semakin berkembang.

Ia pernah menjadi Staf Ahli Manajemen Kapolri dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi, serta pernah ditunjuk sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal.

Kemudian, tahun 2016 posisinya naik kembali menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menggantikan posisi Komisaris Jenderal Pol Anang Iskandar yang masuk usia pensiun.

Pada Jumat (17/08/2018), Ari Dono kemudian menduduki posisi baru. Ia dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sebagai Wakapolri.

Sementara posisi Kabareskrim yang semula dijabat Ari Dono digantikan oleh Komjen Pol Arief Sulistyanto.

Ketika itu, Tito menilai sosok Ari Dono merupakan sosok yang tepat menduduki posisi Wakapolri. Menurut Tito, itu lantaran Ari memiliki sikap yang melengkapi kepemimpinannya di polri.

"Beliau termasuk yang cool, tenang, dan saya yakin akan menjadi partner yang baik untuk mendukung tugas-tugas saya sebagai Kapolri," kata dia.

Saat dilantik sebagai wakapolri, Ari Dono Sukmanto berjanji akan memperbaiki internal Polri dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi Tunjuk Komjen Ari Dono sebagai Plt Kapolri

Mengagumi Sosok Buwas

Diberitakan Kompas.com pada (07/06/2016) sosok Ari Dono merupakan orang yang mengagumi Kepala Badan narkotika (BNN) Budi Waseso.

Ia mengaku bangga, berasal dari daerah yang sama dengan tokoh yang kerap dipanggil Buwas tersebut.

Buwas sendiri merupakan seniornya di Akademi Kepolisian. Buwas angkatan 1984, sedangkan Ari berada satu tahun di bawahnya.

Baginya, Buwas sosok yang layak dicontoh lantaran tidak nakal dan aneh-aneh.

Kesamaan lain antara dirinya dengan Buwas adalah latar belakang yang mirip. Ayah Ari berasal dari satuan Brimob, sedangkan Buwas anak tentara.

Namun, saat itu, Ari menyampaikan dirinya tidak akan meniru gaya Buwas yang cenderung ceplas-ceplos dan kerap menimbulkan kegaduhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi