Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPK Sebut Beberapa Calon Menteri Jokowi Pernah Diperiksa, Siapa Saja?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/DYLAN APRIALDO RACHMAN
Salah satu orang dari kelompok massa bernama Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta NKRI berhasil merangsek masuk ke Gedung Merah Putih KPK untuk mencopot kain hitam yang menutupi logo KPK.
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com – Beberapa tokoh terlihat datang ke Istana Kepresidenan Jakarta, sejak Senin (21/10/2019) hingga hari ini Selasa (22/10/2019)

Tokoh-tokoh yang hadir tersebut diindikasikan nantinya akan terpilih sebagai menteri pada Kabinet Jokowi 2019.

Dari beberapa tokoh yang muncul, KPK mencatat terdapat beberapa nama kandidat menteri yang dipanggil ke Istana merupakan nama yang pernah diperiksa oleh lembaga antirasuah tersebut.

"Beberapa orang memang pernah diperiksa KPK sebagai saksi dalam sejumlah perkara terpisah. Saya kira itu juga sudah terbuka ya informasinya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, Febri tidak membeberkan secara jelas mengenai nama yang dimaksud. Ia hanya menyebut terdapat beberapa tokoh yang pernah terlibat kasus seperti kasus suap pada Ketua MK Akil Mochtar, gratifikasi pada Sekjen Kementerian ESDM, kasus suap dan gratifikasi Bupati Nganjuk dan kasus korupsi haji yang melibatkan eks Menteri Agama Suryadharma Ali.

Baca juga: KPK Sebut Beberapa Nama yang Dipanggil ke Istana Pernah Diperiksa

Dari catatan Kompas.com berikut 4 nama yang menjadi calon menteri yang pernah diperiksa KPK:

1. Ida Fauziah

Berkemeja putih dengan bawahan hitam, Ida terlihat hadir ke Istana Kepresidenan pada Selasa (22/10/2019).

Diberitakan Kompas.com pada (18/08/2014), Ida Fauziah pernah diperiksa KPK terkait kasus Suryadharma Ali yang diduga menyalahgunakan wewenang dengan memanfaatkan dana setoran awal haji masyarakat untuk membiayai pejabat kementerian Agama dan keluarganya naik haji.

Ida yang saat itu merupakan Ketua Komisi VIII DPR mengaku ikut dalam rombongan haji bersama Komisi VIII dan pimpinan DPR yang diketuai Marzuki Alie.

Saat itu Ida mengatakan biaya untuk mengadakan perjalanan haji digunakan dari dana daftar isian pelaksanaan pelaksanaan anggaran (DIPA) DPR.

Pihaknya mengaku tidak tahu menahu mengenai jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk membiayai rombongan tersebut.

Adapun, perjalanan tersebut dilakukan dalam rangka menjalankan pengawasan sebagai anggota DPR.

Saat ditanya soal pengawasan apa yang dilakukan DPR di Arab Saudi, Ida mengatakan hanya melakukan pengawasan secara umum dan mengaku takt ahu soal penyelewengan yang ada.

Baca juga: Diperiksa KPK, Ketua Komisi VIII Mengaku Ikut Rombongan Haji DPR

2. Zainuddin Amali

Zainuddin Amali terlihat datang ke Istana pada Selasa (22/10/2019)sekitar pukul 13.25 WIB.
Politisi partai Golkar ini mengaku datang dan diajak untuk berdiskusi oleh Jokowi terkait Kepemudaan dan Olahraga.

Dilaporkan Kompas.com pada (20/01/2014), Zainuddin juga merupakan tokoh yang pernag diperiksa KPK. Zainuddin mengakui adanya permintaan uang Rp 10 miliar terkait sengketa Pemilihan Gubernur Jawa Timur yang disampaikan mantan Ketua MK Akil Mochtar melalui BlackBerry Messenger (BBM).

Akil telah ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam tiga kasus yakni dugaan penerimaan suap terkait Pilkada Lebak dan Gunung Mas, gratifikasi terkait penanganan perkara di MK, dan TPPU.

Selain itu, Zainuddin juga pernah diperiksa KPK dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi yang menjerat mantan Sekertaris Jenderal Kementerian ESDM Wardoyo Karno.

Baca Juga: Zainuddin Amali Akui Ada Permintaan Uang 10 Miliar dari Akil Terkait Pilgub

3. Abdul Halim Iskandar

Sosok politisi PKB selain Ida Fauziah, yang juga terlihat hadir ke Istana adalah Abdul Halim Iskandar.

Kepada wartawan, Abdul Halim pada Selasa (22/10/2019) mengaku ditunjuk sebagai menteri. Akan tetapi, ia belum mengumumkan mengenai pos menteri apa yang didapatkannya.

Ia hanya memberi petunjuk bahwa ia berdiskusi seputar permasalahan masyarakat di sektor ekonomi, infrastruktur, dan sosial.

Pada 2018, Abdul Halim sempat berurusan dengan KPK. Ketika itu, dirinya dipanggil sebagai saksi terkait penyidikan perkara tindak pidana pencucian uang dengan tersangka Bupati Nganjuk, Taufiqurrahman.

Terkait kasusnya yang pernah dipanggil KPK, kepada wartawan Selasa kemarin, ia menyebut dirinya sudah clear dan tidak terlibat.

"Semua clear, enggak ada masalah," ujar dia.

Baca juga: Pernah Diperiksa KPK, Calon Menteri Abdul Halim Iskandar Nyatakan Dirinya Clear

4. Yasonna Laoly

Sosok Yasonna Laoly juga terlihat menyambangi Istana Kepresidenan pada Selasa (22/10/2019). Pria yang sempat menjabat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Kabinet Jokowi periode pertama ini baru saja dilantik sebagai anggota DPR periode 2019-2024.

Kehadirannya mengindikasikan bahwa Yasonna akan kembali lagi sebagai menteri.

Berdasarkan catatan Kompas.com, sosok Yasonna merupakan salah satu tokoh yang juga pernah diperiksa oleh KPK terkait kasus E-KTP.

Yasonna terlihat memenuhi panggilan KPK pada Senin (3/7/2017) dan Rabu (5/7/2017).
Pada Rabu (10/01/2018) Yasonna juga kembali dipanggil KPK sebagai saksi kasus e-KTP untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo.

Yasonna sebelumnya disebut menerima 84.000 dollar AS dalam proyek e-KTP. Saat proyek tersebut bergulir, Yasonna merupakan anggota Komisi II DPR.

Pada Selasa (25/6/2019), Yasonna juga kembali dipanggil KPK sebagai saksi untuk Markus Nari.

Markus Nari merupakan tersangka kedelapan dalam kasus e-KTP. Markus telah ditetapkan sebagai tersangka sejak 2017 silam.

Baca juga: Kasus E-KTP, KPK Panggil Yasonna Laoly

Sumber: Kompas.com (Rahmat Fiansyah, Dylan Aprialdo Rachman, Ihsanudin, Icha Rastika | Editor Laksono Hari Wibowo, Krisiandi, Icha Rastika, Hindra Liauw)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi