Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Ihsanuddin
Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode Syahrul Yasin Limpo menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).
|
Editor: Ardi Priyatno Utomo

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian dalam perkenalan di Istana Kepresidenan Rabu (23/10/2019).

Dia ditetapkan masuk dalam Kabinet Indonesia Maju setelah sebelumnya datang ke Istana mengenakan kemeja putih dan celana hitam Selasa (22/10/2019).

Baca juga: Jokowi Tunjuk Syahrul Yasin Limpo Jadi Menteri Pertanian

Kepada awak media seusai bertemu Presiden Jokowi, Syahrul Yasin Limpo menuturkan dia mendapat amanat untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia di bidang pertanian.

Sebagai Menteri Pertanian di Kabinet Indonesia Maju Jokowi, Syahrul Yasin Limpo lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 16 Maret 1955.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dia merupakan putra dari mendiang Muhammad Yasin Limpo, tokoh pergerakan Sulawesi Selatan, dengan sang ibu Nurhayati Yasin Limpo.

Kariernya di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dimulai ketika dia diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil pada 1980.

Jabatan penting yang pernah dia pegang antara lain Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat II Kabupaten Gowa pada 1991, maupun Kepala Biro Humas Setwilda Tingkat I 1993.

Kiprah politiknya dimulai ketika dia menjadi kader Golkar, dan dipercaya sebagai Bupati Kabupaten Gowa periode 1994 hingga 2002.

Setelah itu dia naik mendampingi Amin Syam sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada 2003 hingga 2008 sebelum menantang Amin.

Bersama pasangannya Agus Arifin Nu'mang, Syahrul Yasin Limpo adalah pemimpin pertama Sulawesi Selatan yang dipilih secara langsung.

Dia mengemban jabatan tersebut selama dua periode, dari 2008 hingga 2018. Adapun sejak 2018, dia berpindah dari Golkar ke Nasdem.

Syahrul Yasin Limpo bakal menjadi Menteri Pertanian menggantikan Arman Sulaiman yang juga berasal dari Sulawesi Selatan.

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo Diminta Jokowi Jadi Menteri Tanpa Usul Surya Paloh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi