Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Basuki Beri Selamat ke Diri Sendiri, Netizen: Menteri Nyentrik

Baca di App
Lihat Foto
Screen Shot Twitter @biasanyaomping
Basuki Hadimuljono
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Pasca dilantik kembali sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), nama Basuki Hadimuljono menjadi perbincangan publik.

Pasalnya, usai dilantik dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, akun Instagram @kemenpupr mengunggah foto Basuki yang mendadak menjadi viral.

Akun tersebut mengunggah dua foto. Foto pertama menunjukkan Basuki yang sedang bersalaman dengan Jokowi.

Baca juga: Viral, Menteri Basuki Beri Selamat ke Diri Sendiri....

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedangkan foto kedua memperlihatkan Basuki bersalaman dengan poster dirinya sendiri. Foto ini sebenarnya sudah pernah diunggah Basuki beberapa waktu sebelumnya.

Tapi, bukan hanya foto ini yang mencuri perhatian netizen. Caption foto tersebut juga mendapat perhatian publik.

"Presiden Joko Widodo menyerahkan petikan Keputusan Presiden Nomor 113/P/2019 tentang Pembentukan Kementerian Negara dan Pengangkatan Menteri Negara kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono," keterangan ini dimaksudkan untuk foto pertama.

"Menteri PUPR Kabinet Kerja mengucapkan selamat mengemban tugas membangun infrastruktur kepada Menteri PUPR Kabinet Indonesia Maju," keterangan ini ditujukkan untuk foto kedua.

Keterangan foto kedua ini kemudian mendapatkan perhatian dari follower akun @kemenpupr. Beberapa netizen menuliskan komentar, "ngakak".

Basuki sendiri memang dikenal sebagai menteri yang nyentrik di mata netizen Indonesia.

Baca juga: Datang Ke Istana, Basuki Hadimuljono Disebut Netizen Menteri Nyentrik

Menteri nyentrik versi netizen

Sosok Basuki, kerap dikenal sebagai sosok yang gemar bercanda. Ketika bertemu dengan wartawan kemarin, saat menyambangi Istana Kepresidenan, Basuki juga sempat menunjukkan ciri khasnya itu.

Ia menyebut bahwa yang membuatnya lama saat bertemu presiden adalah karena mendapat bonus berupa makan siang bersama.

Seorang netizen melalui akun Twitternya juga menyebut bahwa sosok Basuki merupakan menteri paling nyentrik di antaran para menteri yang ada selama ini.

Thread Twitter tentang Basuki Hardimuljono ini diunggah oleh akun Twitter @biasanyaomping.

“Ini menteri nyentrik banget, bukan karena cara berpakaian nya. Tapi karena tingkah & sikap nya wkwk. Bisa dibilang menteri di era kabinet kerja yang paling bagus dan jauh dari kontroversi,” tulisnya sambil menyertakan beberapa foto Basuki dalam beberapa momen yang tampak lucu.

Akun @biasanyaomping juga melanjutkan thread-nya dengan menyertakan beberapa potongan video momen-momen lucu Basuki di beberapa acara televisi.

Salah satunya saat ia berada dalam acara yang dipandu Najwa Shihab, di mana ia tidak mendapat gelas minum sedangkan para tamu yang lain sudah mendapatkan.

Basuki tampak menyindir Najwa dengan menyuruhnya meminum terlebih dahulu sambil menanyakan mana bagian minum miliknya dalam bahasa Jawa.

Najwa yang segera sadar dengan sindiran Basuki segera merespons.

“Ya Allah kasihan, Pak Basuki nggak dikasih,” respons Najwa yang kemudian disambut tawa para hadirin.

Thread @biasanyaomping sampai dengan hari ini Selasa (22/10/2019) siang mendapatkan like oleh lebih 10 ribu pengguna dan telah dibagikan ulang lebih dari 8,7 kali.

Lantas siapakah Basuki Hadimuljono?

Basuki, merupakan sosok menteri PUPR Kabinet Kerja. Pria yang disebut sebagai menteri nyentrik ini merupakan pria asal Surakarta yang lahir di tahun 1954.

Basuki menempuh Pendidikan formalnya di Teknik Geologi Universitas Gajah Mada di tahun 1979, kemudian melanjutkan pendidikannya sebagai Master of Science, Civil Engineering, Colorado State University, USA pada 1989.

Selanjutnya ia mengambil Pendidikan Doctor of Philosophy, Civil engineering di Colorado State University, USA pada tahun 1992.

Pengalaman Basuki dalam bidang pembangunan dan infrastruktur sudah digelutinya sejak lama.

Melansir dari situs resmi PUPR, Basuki pernah ikut dalam pengerjaan Proyek Pengembangan Air Tanah Jawa Tengah pada tahun (1981-1984), dan Nusa Tenggara Timur (1985-1993).

Ia juga pernah menjadi Pimpinan Proyek Induk Pengelolaan Wilayah Sungai (PWS) Ciliwung Cisadene (2000-2001), Direktur Wilayah Tengah, Ditjen Sumber Daya Air (2001-2002), Kepala Biro Perencanaan & Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal (2002—2003).

Selain itu ia juga pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Jenderal Sumber daya Air (2003-2005), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (2005-2007), Direktur Jenderal Penatan Ruang (2013-2014), dan menjadi Menteri PUPR (2014-2019).

Basuki, juga pernah mendapatkan beberapa tugas khusus nasional, seperti sebagai Ketua Kelompok Kerja SDA Rehabilitasi Pasca Tsunami Aceh (2004-2005) Ketua Tim Penanggulangan Kerusakan Jalan Tol Purbaleunyi (2006), Ketua Tim Nasional Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (2006-2007) dan Penanggung jawab Infrastruktur Asian Games 2018 (2015-2018).

Berbagai penghargaan pun pernah diterimanya baik penghargaan dari dalam maupun luar negeri.

Rumahnya digusur untuk tol

Sosok Basuki sebelumnya juga cukup menarik perhatian publik,lantaran sebagai Menteri PUPR, rumahnya justru bakal kena gusur proyek tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Diberitakan Kompas.com (16/05/2019), saat itu Basuki sendiri sempat tidak tahu bahwa rumahnya bakal kena gusur proyek.

Baca juga: Profil Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR

Basuki baru tahu ketika merasa perkembangan kelanjutan proyek tol tersebut dianggapnya lambat.

"Saya tanya kok lama banget kenapa? Ternyata gara-gara enggak berani kan," ujar Basuki.

Setelah mengetahui bahwa rumahnya akan terkena penggusuran ia kemudian menyampaikan agar proyek tersebut tetap dilanjutkan.

"Saya dikasih tahu, ini Pak jalurnya. Lah ini rumahnya (saya). Terusin, jangan dibelokin ya. Karena ini kan yang paling optimal," ujar Basuki.

Atas sikap Basuki, Mahfud MD sempat berkicau dalam akun Twitter-nya mengapresiasi sikap Basuki tersebut.

"Menarik, rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono di Bekasi akan digusur utk proyek jalan tol. Pd-hal dialah yg menjadi pimpinan pembuatan jalan. Dulu diberitakan ada pejabat daerah yg membelokkan rencana jalan tol agar tak melewati tanah pribadinya. Hormat utk Pak Basuki," tulis Mahfud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi