Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Jadi Menteri Pertahanan, Gerindra: Nation Call

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden RI Joko Widodo mengumumkan dan melantik menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Andre Rosiade mengungkapkan latar belakang apa yang mendasari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima tawaran Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Hal itu tak lepas dari konsep yang diajukan Prabowo kepada Jokowi mulai soal kedaulatan energi, pangan, air hingga pertahanan dan keamanan.

"Nah karena ditawari, ada nation call atau panggilan negara terhadap beliau, lalu kan beliau ini kan prajurit, patriot, negarawan, ada panggilan negara terhadap beliau dan itu merupakan kompetensi beliau, beliau tentu sebagai negarawan, menghilangkan egonya untuk menerima panggilan negara ini untuk melakukan pengabdian kepada bangsa dan negara," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/10/2019) malam.

Andre menjelaskan, merapatnya Prabowo ke Jokowi juga merupakan bagian dari semangat rekonsiliasi yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dan juga diharapkan bersama-sama seluruh elemen bangsa bersatu-padu untuk menghadapi berbagai ancaman yang ada.

"Mulai dari ancaman resisi ekonomi serta ancaman dari kedaulatan kita," katanya lagi.

Oleh sebab itu, menurutnya Prabowo mau membantu pemerintahan Joko Widodo.

Seluruh kader Partai Gerindra, sambung Andre tegak lurus dengan keputusan Prabowo dan akan mendukung sepenuhnya keputusan tersebut.

Baca juga: Saat Menteri Jokowi Rangkap Jabatan, Apa yang akan Terjadi?

Safari politik

Ketika disinggung apakah safari politik yang sebelumnya dilakukan Prabowo menjelang pemilihan menteri ada kaitannya, Andre membantah hal tersebut.

"Tidak, itu hal yang berbeda, kalau safari yang dilakukan Pak Prabowo dengan bertemu para pimpinan partai politik kemarin, itu namanya safari kebangsaan," ujar dia.

Safari kebangsaan itu menurutnya, dalam rangka silaturahmi dan merekatkan hubungan utamanya di antara partai politik yang mempunyai perbedaan pilihan saat Pemilu 2019.

Lebih lanjut, Andre mengatakan setelah Prabowo dipanggil Jokowi sehari sebelum dilantik, Prabowo pun melakukan silaturahmi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Hal itu menurutnya, menunjukkan bahwa apapun posisi kita, di dalam atau di luar pemerintah, apapun partai kita, kita harus bersama-sama membangun bangsa indonesia ini.

"Itu tujuan dari safari kebangsaan kemarin," katanya.

Baca juga: Di Balik Rapat Perdana Kabinet, dari Sarung Maruf Amin hingga Mobil Prabowo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi