Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Ada Potensi Gelombang Tinggi di Beberapa Wilayah Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/ JUNAEDI
Ilustrasi gelombang tinggi
|
Editor: Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan adanya potensi gelombang setinggi 1,25 hingga 4 meter pada 5 sampai 8 November 2019.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (6/11/2019), beberapa wilayah yang megalami peningkatan gelombang sedang (1,25-2,50 meter) antara lain:

Baca juga: Awas, Gelombang Tinggi Diprediksi Landa Beberapa Wilayah Indonesia

Selain itu, BMKG juga memperkirakan beberapa daerah akan mengalami gelombang tinggi dengan ketinggian 2,50-4 meter atau kategori tinggi. Daerah tersebut antara lain:

Peningkatan tinggi gelombang disebabkan akan adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara atau yang berasal dari barat daya-barat dengan kecepatan 4-20 knot.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain itu, di wilayah selatan Indonesia, kecepatan angin terpantau 3-20 knot.

Baca juga: Potensi Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter, Waspadai Wilayah Ini

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Sabang, Laut Natuna, Samudera Pasifik Utara Papua, Laut Arafuru. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Imbauan BMKG

Adanya potensi gelombang tinggi di beberapa perairan tersebut berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat terutama yang beraktivitas di pesisir seperti nelayan yang menggunakan perahu untuk waspada terhadap kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Lalu untuk kapal tongkang, BMKG mengimbau masyarakat yang menggunakan kapal tongkang agar mewaspadai kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kemudian untuk kapal ferry, lebih baik waspada terhadap kecepatan angin lebih 21 knot dengan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Adapun untuk kapal ukuran besar sebaiknya waspada dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan ketinggian gelombang di atas 4 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi