Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Hujan Lebat dan Angin Kencang hingga 9 November 2019

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA
Palembang diguyur hujan deras setelah sebelumnya diselimuti kabut asap pekat akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan, Kamis (17/10/2019).
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang di beberapa wilayah Indonesia dalam dua hari ke depan, yakni Jumat-Sabtu (8-9/11/2019).

Berdasarkan pengamatan BMKG, terdapat siklon tropis Nakri di Laut China Selatan bagian utara, sirkulasi siklonik di Vietnam (level 925/850hpa), sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik utara Papua (level 925/700 hPa), sirkulasi siklonik di utara Australia (level 925/900 hPa), serta sirkulasi udara tertutup di Papua Barat.

Berdasarkan keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (7/11/2019), konvergensi terdapat di wilayah Laut Andaman, Kalimantan bagian utara, dan Samudera pasifik utara Papua.

Selain itu, terdapat belokan angin di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian barat, tengah dan timur, Sulawesi bagian tengah, Maluku bagian tengah, Papua barat, dan Papua.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dari pantauan BMKG terjadi potensi hujan lebat hari ini 07 November 2019 di Wilayah Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Utara," ujar Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (7/11/2019).

Hujan lebat, sambungnya masih berpotensi terjadi di Riau dan Kalimantan Utara pada Jumat (8/11/2019).

Disusul, Sabtu (9/11/2019) hujan lebat juga masih berpotensi terjadi di Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, dan Gorontalo.

Baca juga: 7 Cara Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Sementara untuk hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Papua untuk Jumat (8/11/2019).

Disusul Sabtu (9/11/2019), hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Jambi dan Jawa Barat.

"Selain itu wilayah Jabodetabek, Kalimantan dan Papua juga masih berpotensi hujan lebat dan angin kencang," paparnya.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di wilayah yang berpotensi hujan lebat, disertai angin kencang dan petir tersebut agar senantiasa berhati-hati.

"Terutama ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," imbuhnya.

Baca juga: Kenapa Awal Musim Hujan Bisa Berbeda di Setiap Wilayah?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi