Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CPNS 2019 Basarnas Telah Dibuka, Catat Jadwal dan Kriterianya

Baca di App
Lihat Foto
basarnas.go.id
Basarnas resmi buka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) secara resmi membuka pendaftaran rekrutmen calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2019 pada Senin, 11 November 2019.

Keputusan tersebut tertuang dalam pengumuman yang dikeluarkan oleh Kemenpan-RB Nomor: B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Pendaftaran tersebut nantinya akan dilakukan secara daring (online) melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Salah satu yang secara resmi telah mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 adalah Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Basarnas, resmi mengumumkan pembukaan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di lingkungannya melalui situs resmi Basarnas pada Senin, 11 November 2019.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman soal CPNS 2019 tersebut memiliki Nomor: PENG.34/KP.01.02/XI/BSN-2019 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Tahun Anggaran 2019.

Berikut jadwal CPNS 2019 Basarnas:

Pihak Basarnas memberikan catatan bahwa jadwal tersebut bersifat tentatif, dan apabila terdapat perubahan jadwal, akan diinfokan kembali melalui laman http://basarnas.go.id.

Baca juga: Kementan Buka CPNS 2019 untuk Jalur SMK, D III dan S1, Ini Perinciannya

Kriteria pelamar:

1. Formasi Umum, merupakan pelamar lulusan perguruan tinggi dan SLTA sederajat yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan yang telah ditetapkan.

2. Formasi Khusus, terdiri dari:

  1. Putra atau Putri Lulusan Terbaik Berpredikat "Dengan Pujian" (Cumlaude), dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri, dengan ketentuan:
  • Formasi Lulusan Terbaik Berpredikat "Dengan Pujian" (Cumlaude) dikhususkan bagi putra atau putri yang mempunyai jenjang pendidikan minimal Strata Satu (S-1), tidak termasuk Diploma Empat (D-IV);
  • Pelamar merupakan lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri dengan predikat cumlaude atau dengan pujian dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A atau unggul dan program studi terakreditasi A atau unggul pada saat kelulusan, dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude atau dengan pujian pada ijazah atau transkrip nilai;
  • Pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri, dapat mendaftar apabila telah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan tinggi yang menyatakan predikat kelulusannya setara "Dengan Pujian"/cumlaude;

    b. Putra atau Putri Papua dan Papua Barat, dengan ketentuan pelamar harus merupakan              keturunan Papua atau Papua Barat berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak dan              atau ibu asli Papa atau Papua Barat), dibuktikan dengan KTP bersangkutan dan diperkuat          dengan surat keterangan dari Kepala Desa atau Kepala Suku.

Baca juga: CPNS KPU 2019 Buka Lowongan untuk Lulusan D III dan S1, Posisi Apa Saja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi