Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta P1/TL 2018 Dapat Keistimewaan di CPNS 2019?

Baca di App
Lihat Foto
https://sscn.bkn.go.id/
ilustrasi pengisian formulir instansi dan jenis formasi CPNS 2019.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) memperbolehkan peserta P1/TL untuk mendaftar dan mengikuti seleksi CPNS 2019.

Peserta P1/Tl merupakan peserta seleksi penerimaan CPNS 2018 yang nilai Seleksi Kompetensi Bidang (SKD)-nya memenuhi nilai ambang batas serta masuk dalam tiga kali formasi jabatan yang dilamar untuk dapat mengikuti SKB 2018.

Aturan terkait pelamar P1/TL tertuang dalam Peraturan Menteri PAN-RB (Permenpan) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2019.

Sementara, jika Anda termasuk pelamar P1/TL dan ingin mencoba kesempatan agar menjadi ASN, dapat mengikuti alur pengisian formasi untuk P1/TL 2018.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut rinciannya:

Baca juga: Update Link dan Formasi CPNS 2019 di 20 Kementerian

 

  • Jika Anda termasuk peserta P1/TL Tahun 2018, maka akan tampil informasi berupa kolom Pendidikan, Jabatan, Lokasi Formasi, Lokasi Test, Jenis PT, Tanggal Ijazah, Nama PT, Nama Prodi, dan nilai SKD 2018.
  • Pelamar memilih Lokasi Formasi.
  • Pada bagian P1/TL, akan tampil nilai SKD Tahun 2018 dan passing grade SKD jabatan yang dilamar pada SSCN 2019 sebagai perbandingan.
  • Pelamar P1/TL yangt nilai SKD 2018-nya memenuhi passing grade SKD 2019 dapat memilih untuk ikut ujian SKD atau tidak. Jika pelamar memilih ikut ujian tetapi tidak hadir saat ujian berlangsung, maka dinyatakan "gugur". Sementara, pelamar yang memilih ikut ujian, akan diambil nilai SKD yang terbaik.
  • Jika nilai SKD Tahun 2018 tidak memnuhi passing grade jabatan yang dilamar pada SSCN Tahun 2019, maka pelamar wajib untuk mengikuti SKD 2019.
  • Pilih Lokasi Test; kewenangan ini diberikan instansi jika peserta diperbolehkan memilih lokasi test. Apabila pilihan ini tidak tersedia, maka lokasi test akan ditentukan oleh instansi yang dilamar.
  • Isi IPK sesuai dengan yang tertera pada transkrip nilai.
  • Untuk instansi yang mewajibkan nilai tes Bahasa Inggris, dapat memilih jenis tes berdasarkan persyaratan instansi. Contoh jenis tes Bahasa Inggris yang dapat dipilih oleh pelamar antara lain, TOEFL PBT, TOEFL IBT, IELTS, dan TOEIC.
  • Selanjutnya, isi nomor ijazah, tahun lulus (sesuai dengan yang tercantum di ijazah), jenis perguruan tinggi, tanggal ijazah, nama sekolah, nama universitas/perguruan tinggi, dan nama program studi.

Jika nama prodi yang dipilih sudah terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka data akreditasi akan muncul.

Namun, jika nama prodi tidak terdapat data akreditasinya di BAN-PT, maka pelamar dapat mengisi secara mandiri akreditasi program studinya.

  • Isi kode captcha sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Kemudian, klik "Selanjutnya".

Baca juga: Berikut Rincian Formasi CPNS 2019 di Kementerian untuk Lulusan SMA/SMK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi