Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan Mulai Datang, Kapan Puncaknya?

Baca di App
Lihat Foto
BMKG
Prakiraan Awal Musim Hujan 2019/2020
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Sari Hardiyanto


KOMPAS.com - Musim hujan telah memasuki beberapa wilayah Indonesia setelah kemarau panjang melanda. Bahkan, hujan disertai angin kencang dan kilat terjadi di daerah tertentu.

Memasuki musim hujan ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus mewanti-wanti masyarakat untuk waspada, terlebih yang beraktivitas di luar ruangan.

Kendati hujan mulai melanda sejumlah daerah, data BMKG menunjukkan bahwa masih sangat sedikit wilayah Indonesia yang mengalami hujan.

"Hingga pertengahan November 2019 baru 16 persen wilayah Indonesia yang memasuki musim hujan," kata Kabid Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Hary Tirto Djatmiko saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/11/2019) sore.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adapun daerah tersebut antara lain:

Baca juga: Fenomena Angin Kencang di Sejumlah Daerah, Ini Penjelasan BMKG

Menurut Hary, awal musim hujan tahun 2019/2020 untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah akan didominasi mulai akhir November dan awal Desember.

"Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan pada bulan awal hingga pertengahan Desember 2019," ujar dia.

Puncak Musim Hujan

Sementara itu, puncak musim hujan untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur diprakirakan terjadi Februari 2020.

Sedangkan, untuk wilayah Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan, puncak hujan terjadi pada Maret 2020.

Hary mengimbau masyarakat untuk mewaspadai wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi banjir selama musim hujan 2019/2020 ini.

"Tingkat kewaspadaan lebih pada bulan puncak musim hujan yaitu pada Januari, Februari, hingga Maret 2020," paparnya.

"Khususnya untuk wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Papua," imbuhnya.

Baca juga: Awal Musim Hujan Kian Dekat, BMKG Imbau Waspadai Potensi Bencana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi