Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengecek Lolos atau Tidak dalam Seleksi Administrasi CPNS 2019

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS/RADITYA HELABUMI
Ilustrasi rekrutmen CPNS: Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang dibuka pada 11 November 2019 akan berakhir dalam pekan ini.

Sejumlah instansi ada yang sudah menutup pendaftaran, sebagian lainnya ada yang masih membuka hingga beberapa hari ke depan.

Setelah proses pendaftaran usai, bagaimana cara pelamar mengetahui apakah dirinya lolos atau tidak dalam seleksi administrasi CPNS 2019?

Plh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, untuk peserta yang ingin mengecek lolos atau tidak dalam seleksi administrasi, bisa mengeceknya pada portal SSCN.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Login di portal SSCASN pada range waktu yang disebutkan dalam pengumuman instansi,” ujar RIdwan, saat dihubungi Kompas.com, Senin (02/12/2019).

Baca juga: Apa Itu Masa Sanggah dalam Proses CPNS 2019?

Jika seorang pelamar dinyatakan lulus, maka akan muncul keterangan “Selamat Anda Lulus”.

Sementara, mereka yang tidak lolos akan mendapatkan keterangan “Maaf Anda Tidak Lulus" dengan disertai alasannya.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi CPNS 2019, akan mendapatkan informasi mengenai jam seleksi.

“Maka ketika mencetak kartu di situ akan ada: saya Mohammad Ridwan dapatnya sesi ke 5 pada katakanlah 2 Februari 2020 pukul sekian, itu ada,” ujar Ridwan dalam acara QnA live di Youtube resmi BKN, Senin (2/12/2019).

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui lolos tidaknya seorang peserta dalam seleksi administrasi, BKN akan meminta setiap instansi menyediakan informasi tersebut di website dan media sosial.

Selain itu, setiap instansi di daerah diminta menyediakan papan pengumuman berisi daftar nama peserta yang losos seleksi administrasi.

Meski demikian, ia juga mengimbau kepada para peserta, untuk tidak berulang kali melakukan login pada situs SSCN pada 15-20 Desember 2019.

Alasannya, pada rentang waktu tersebut  administrator instansi tengah melakukan verifikasi.

Untuk Anda yang sampai dengan hari ini belum mendaftar CPNS, masih ada sejumlah instansi yang belum menutup pendaftarannya, di antaranya adalah 

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jadwal CPNS 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi