Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 26 KA Tambahan untuk Libur Natal dan Tahun Baru yang Melintasi Daop 3 Cirebon

Baca di App
Lihat Foto
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Pemudik dari Yogyakarta mulai berdatangan kembali ke Jakarta menggunakan Kereta Api Fajar Utama di Stasiun Senen, Sabtu (2/8/2014). Dinas Perhubungan memprediksi arus balik Lebaran 2014 akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu (2/8) atau Minggu (3/8), menyusul dimulainya aktivitas kerja pada Senin (4/8).
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Menjelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempersiapkan sejumlah kereta api tambahan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang.

PT KAI menetapkan masa posko libur akhir tahun selama 18 hari, dari 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasional 3 Cirebon Luqman Arif mengatakan, menghadapi libur akhir tahun ini, seluruh sarana, prasarana, dan sumber daya manusia telah disiapkan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Volume penumpang kereta api dengan keberangkatan di wilayah Daop 3 Cirebon pada masa angkutan Natal dan tahun baru 2019/2020 ini diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 5% dari 131.364 penumpang di tahun 2018/2019. Jumlahnya menjadi 137.728 penumpang tahun 2019/2020,” kata Luqman kepada Kompas.com, Kamis (5/12/2019).

Luqman menambahkan, tahun ini ada penambahan KA yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari 137 perjalanan KA yang tersedia, terdiri dari 111 KA reguler dan 26 KA tambahan yang melintasi Daop 3 Cirebon.

“Meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebanyak 134 perjalanan KA,” ujar Luqman.

Adapun daftar perjalanan KA Tambahan Nataru 2019/2020 yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon adalah sebagai berikut:

Tiket kereta dapat dipesan di seluruh channel penjualan resmi, baik situs kai.id, aplikasi KAI Access, dan channel eksternal lainnya.

Berlakunya Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2019 per 1 Desember 2019, membuat sejumlah KA mengalami perubahan jadwal.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang telah dipesan.

Persiapan lainnya

Luqman menjelaskan, PT KAI telah mempersiapkan 48 Petugas Penilik Jalan (PPJ) tambahan, 174 penjaga jalan lintas (PJL) tambahan, dan 18 petugas posko daerah rawan yang akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA.

Selain itu, alat material siaga seperti batu balas/kricak, bantalan rel, dan pasir ditempatkan di 20 titik, yaitu:

Luqman mengatakan, meskipun jumlah petugas ditambah, masyarakat pengguna jalan diiimbau tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang.

UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutka, perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya.

“Dari aspek sarana pada masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 14 unit lokomotif, 93 armada kereta, serta 1 unit crane,” ujar Luqman.

Selain itu, PT KAI menyiagakan 445 personel keamanan yang terdiri dari 121 personel Polsuska, 218 personel security, 10 personel staf, dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak 96 personel termasuk K-9.

Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun rutin melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi