Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SKD Kunci Penting Lolos CPNS 2019, Ini Pesan BKN untuk Para Pelamar

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Peserta mengikuti ujian seleksi calon pegawai negeri sipil Kementerian Kelautan dan Perikanan, di Jakarta, Senin (9/10/2017). Profesi PNS tidak menjadi pilihan pertama mayoritas anak muda yang kini masih berstatus mahasiswa.
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Tahapan penyelenggaraan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 memasuki pengumuman hasil seleksi administrasi.

Pengumuman seleksi administrasi mulai dilakukan pada Kamis (12/12/2019) hingga Senin (16/12/2019).

Pelamar bisa login ke portal SSCN, dan akan mendapatkan hasil seleksi administrasi pada formasi yang dilamarnya.

Selain melalui situs SSCN, pelamar juga bisa melihat pengumuman hasil seleksi administrasi melalui kanal resmi atau media sosial masing-masing instansi.

Pelamar yang lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tes berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis komputer (CAT/Computer Assisted Test).

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Andi Rahadian mengatakan, SKD menjadi salah satu penilaian dan kunci penting bagi para peserta.

Baca juga: Update CPNS 2019: Link Cek Jumlah Pelamar Setiap Formasi, Jadwal Terbaru dari BKN

Oleh karena itu, pelamar yang akan mengikuti seleksi SKD diimbau mempersiapkan diri sebaik-baiknya, termasuk mempelajari materi ujian.

SKD akan mengujikan tiga tes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Disiapkan mentalnya. Karena kan kita akan melihat melalui CAT ini hasilnya untuk menilai penguasaan dan pengetahuan umum, kemampuan pelamar ini," kata Andi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (12/12/2019).

Andi menjelaskan, ketiga tes yang akan diujikan dalam seleksi SKD mempunyai tujuan masing-masing.

"Kalau seleksi SKD ini kan memang ada tiga tes. Untuk (menilai) nasionalisme, integritas, mengenai bela negara, mengenai Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia," ujar dia.

Tes Intelegensia Umum, lanjut Andi, seperti psikotes.

"Siapkan kemampuan verbalnya, numerik, silogisme," kata dia.

Sementara, TKP diujikan untuk menilai mengenai pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi, komunikasi, jejaring kerja, dan profesionalisme.

Baca juga: Seleksi Administrasi CPNS Kemenpan RB Sudah Diumumkan, Cek Hasilnya di Link Ini

Lokasi tes

Andi mengatakan, peserta dapat mengecek lokasi tes sebelum pelaksanaan SKD. Jadwal dan lokasi tes ini akan muncul ketika pengumuman seleksi administrasi.

Jika instansi belum mengumumkan jadwal dan lokasi tesnya, maka pelamar diingatkan untuk mengecek secara berkala situs masing-masing instansi untuk memperbarui informasi mengenai ini.

Terkait persiapan penyelenggaraan SKD, Andi mengatakan, pemerintah telah berupaya mempersiapkan rangkaian seleksi ini dengan maksimal.

Koordinasi dengan kementerian/lembaga pun telah dilakukan.

"Masing-masing K/L (kementerian/lembaga) juga sudah menyiapkan diri. Menyiapkan formasi yang (membutuhkan persiapan khusus), misalnya formasi khusus untuk disabilitas, kita minta menyiapkan infrastrukturnya," ujar Andi.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Mengenal Sistem CAT Pada CPNS 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi