Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Dokter soal Viral Tempel Bawang Putih di Tangan Bisa Atasi Sakit Gigi

Baca di App
Lihat Foto
Facebook
Proses penyembuhan sakit gigi menggunakan bawang putih yang disebut efektif.
|
Editor: Inggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Berbagai informasi mengenai cara mengatasi sakit gigi beredar di media sosial. Salah satunya, informasi viral yang menyebutkan bahwa sakit gigi bisa diatasi dengan menempelkan bawang putih di lengan.

Berdasarkan informasi yang beredar di media sosial dan banyak dibagikan oleh pengguna Facebook maupun Twitter, caranya dengan menggeprek beberapa siung bawang putih, lalu diletakkan di pergelangan tangan bagian dalam.

Jika sakit gigi terasa di bagian kanan, maka bawang putih itu diletakkan di tangan sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya. 

Informasi ini salah satunya dibagikan oleh sebuah laman Facebook bernama TIPS HIDUP SEHAT dan sudah dibagikan lebih dari 10 ribu kali hingga, Senin (16/12/2019).
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dari kemaren seliweran status ummahat yang pake metode bawang putih ini buat ngurangin sakit gigi, sy ucapkan terimakasih banyak ????????
Dengan seizin Allah, begitu di praktekin langsung sembuh, alhamdulillah.
Yang menderita sakit gigi menahun seperti suami sy, monggo di praktekin, baput di geprek, tempelin di pergelangan tangan.
Pake lakban biar ga lepas.
Kalo sakit gigi sebelah kanan, pasang bawang putih sebelah kiri, begitu sebaliknya.@sehatnow
Buat yang kulitnya sensitif cukup 15-20 menit.
Takut melepuh.
Tp kalo yang kaya suami sy ini udh 1 jam malah ga mau di lepas, kulitnya kebal ga sensitif.
Enak katanya anget sebadan-badan.
Ampe keringetan malem2 gini.
Berasa sehat katanya.
Alhamdulillahh pokoknya, ada pengganti obat2an kimia ????????"

Sejumlah netizen pun meninggalkan komentarnya dan mengaku ingin mencobanya di rumah.

"Makasih infonya ya dok, gigi saya juga kadang sakit kalau kambuh mau tak coba cara pengobatan seperti di atas. Tapi semoga enggak kambuh," tulis akun Yuk Atik.

Baca juga: Viral Ramuan Bawang dan Garam untuk Sakit Gigi, Apa Kata Dokter?

Benarkah bawang putih bisa atasi sakit gigi?

Kompas.com mengklarifikasi kebenaran informasi ini dengan menghubungi seorang dokter gigi yang membuka praktik di kawasan Jakarta Selatan, drg. Sabai Asmaraghrya.

Dokter Sabai mengatakan, pengobatan masalah gigi menggunakan bawang putih hingga saat ini belum bisa dibuktikan secara medis.

"Sejujurnya dari segi medis belum ada penjelasannya dan saya sendiri juga belum tahu penyembuhan dengan bawang ini benar-benar bisa dibuktikan kebenarannya atau tidak," kata Sabai saat dihubungi Kompas.com, Senin (16/12/2019) pagi.

Rasa sakit yang timbul di area gigi atau akarnya disebabkan karena bakteri yang sudah masuk ke dalam syaraf melalui gigi yang berlubang.

Jika hal itu tidak dibersihkan secara tuntas, maka sangat dimungkinkan bakteri akan menyebar melalui pembuluh darah.

Oleh karena itu, mendatangi dokter dan melakukan penanganan secara medis menjadi cara yang sebaiknya ditempuh.

"Sejauh ini belum ada penjelasannya secara medis. Jadi penanganan terbaik utk sakit gigi adalah ke dokter gigi. Mungkin pengobatan secara herbal hanya dapat menghilangkan sakit secara sementara namun tidak bisa menyembuhkan sakit gigi secara tuntas," ujar Sabai.

Baca juga: Viral Sepekan, Surat Penetapan NIP CPNS hingga Video Remaja Tenggelam

Jika sakit gigi disembuhkan dengan cara herbal, permasalahan utama yang ada di bawah gigi tersebut sama sekali belum tersentuh.

Jika sakit mereda, bukan tidak mungkin rasa sakit yang lebih hebat akan timbul, karena permasalahan yang semakin meluas.

"Karena jika gigi berlubang kemudian sakitnya dihilangkan hanya dengan herbal namun karies giginya tidak dihilangkan dan tidak ditambal, maka karies giginya makin lama akan semakin dalam dan merusak gigi semakin parah," kata Sabai.

"Jadi walaupun sakit hilang secara sementara, karies harus dihilangkan dan lubang harus ditambal," lanjut dia.

Mengalihkan rasa sakit, bukan menyembuhkan

Sebelumnya, pada Juli lalu, Kompas.comjuga mengonfirmasi mengenai informasi ini kepada pendiri Difa Oral Health Center Jakarta drg. Widya Apsari Sp.PM.

Dokter Widya mengatakan, secara medis, menaruh bawang putih di pergelangan tangan tak mempunyai pengaruh apapun terhadap peredaan sakit gigi.

"Enggak ada hubungannya (bawang putih ditaruh di pergelangan tangan bisa hilangkan sakit gigi). Kan sakit gigi ya saraf di gigi, yaitu saraf trigeminal, enggak nyambung sama saraf di tangan," kata Widya saat dihubungi Kompas.com, 5 Juli 2019.

Menurut Widya, penempelan bawang putih di pergelangan tangan hanya akan mengalihkan rasa sakit, karena jika terlalu lama terkena bawang putih dan kulit sensitif, akan muncul rasa perih bahkan melepuh atau terbakar.

Senada dengan Dokter Sabai, Widya menjelaskan, sakit gigi muncul karena adanya karies atau lubang gigi.

"Pada dasarnya sakit gigi itu disebabkan oleh kondisi gigi yang berlubang sampai mencapai lapisan pulpa atau saraf gigi," ujar dia.

Karies sendiri terbagi menjadi beberapa tahapan, di mana awalnya, karies hanya di lapisan enamel gigi atau lapisan paling atas dari gigi.

"Pada tingkatan ini, kita sama sekali tidak merasakan keluhan apapun. Jadi umumnya orang awan tidak tau keberadaan karies enamel ini," ujar Widya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi