Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Bank yang Tetap Membuka Layanan Saat Libur Natal dan Tahun Baru 2020

Baca di App
Lihat Foto
Thinkstockphotos.com
Ilustrasi bank
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Memasuki masa libur Natal dan Tahun Baru, sejumlah pelayanan termasuk perbankan tentunya bersifat terbatas.

Terlebih Pemerintah telah menetapkan tanggal 24 Desember sebagai cuti hari bersama. Sementara 25 Desember dan 1 Januari dijadikan hari libur secara nasional.

Cuti bersama dan adanya libur nasional yang berdekatan, biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengambil libur panjang akhir tahun.

Beragam aktivitas perkantoran, termasuk lembaga perbankan pun banyak yang turut menutup pelayanannya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Namun, bagi Anda yang memiliki keperluan perbankan, Anda tetap bisa mendapatkan pelayanan di musim libur panjang ini, meskipun lebih terbatas jika dibandingkan hari pelayanan reguler, khususnya di 3 bank besar berikut ini:

1. BRI

Bank Rakyat Indonesia (BRI) diketahui tetap membuka layanan perbankannya selama libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Melalui akun Instagram @bankbri_id, disebutkan bahwa proses perbankan tetap dapat diakses oleh seluruh nasabah pada tanggal 24-25, 28-29 Des 2019 dan 1 Jan 2020.

Ya, layanan itu dibuka tentu dengan lebih terbatas dari pelayanan reguler di hari kerja normal.

Sementara layanan yang bisa terus diakses nasabah adalah ATM Link, BRImo, Internet Banking BRI, BRIZZI, Agen BRIlink, dan 146 weekend banking.

Info lebih lanjut kunjungi https://bri.co.id/layanan-terbatas

Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan perbankan BRI di musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020 dapat diakses di dua laman berikut ini dan ini

Bantuan via telepon juga tetap dapat diakses nasabah melalui layanan telepon di nomor 14017 atau 1500017.

Baca juga: BUMN Perumnas Buka Lowongan S1 dan S2 Berbagai Jurusan, Ini Informasinya

2. BCA

Selain BRI, Bank Centra Asia (BCA) juga membuka layanan perbankan di masa libur akhir tahun ini.

11 kantor cabang BCA hadir dan membuka layanan perbankan bagi nasabah pada hari ini, Selasa (24/12/2019) khusus untuk transaksi B2B Pertamina.

Adapun daftar 11 kantor yang buka dapat dibuka di link berikut ini.

Sementara pada tanggal 25 Desember 2019 dan 1 Januari 2020 seluruh kantor akan ditutup atau libur.

Meskipun begitu, masih tersedia 17.500 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dengan telah menyediakan dana sebanyak Rp 46,6 triliun.

Akses perbankan lain juga tetap bisa diperoleh melalui e-Banking BCA, ATM setor-tarik tunai (24 jam), dan cabang digital myBCA yang ada di Jakarta dan Surabaya sesuai dengan jam operasional pusat perbelanjaan yang menjadi lokasinya.

Baca juga: 5 Paket Hotel Tahun Baru 2020 dengan Harga Kurang dari Rp 1 Juta

3. Bank Mandiri

Bank Mandiri juga tetap bisa diakses oleh nasabah yang membutuhkan layanan perbankan selama musim libur Natal dan tahun baru.

Terdapat 206 kantor cabang Bank Mandiri akan tetap buka pada 24 dan 25 Desember 2019. Sementara itu, 414 kantor cabang lainnya siap memberikan pelayanan di tanggal 31 Desember 2019 dan 1 Januari 2020.

Daftar lengkap kantor cabang yang buka dapat dilihat di link berikut ini.

Layanan lain yang bisa diakses, di antaranya 18.291 mesin ATM yang tersebar, Mandiri Online, SMS Banking, Call Center 14000 juga dapat diakses selama 24 jam penuh.

Baca juga: Ingat, Berikut Aturan Operasional Mobil Barang Selama Natal dan Tahun Baru 2020

4. BNI

Terakhir, bank yang juga membuka layanan bagi para nasabah adalah Bank Negara Indonesia (BNI).

Setidaknya, terdapat 23 kantor kas (KK), kantor cabang (KC), dan kantor cabang pembantu (KCP) di sejumlah wilayah yang tetap membuka layanan terbatas di tanggal 25 Desember 2019 dan 1 Januari 2020.

Kantor-kantor ini akan buka sejak pukul 10.00-12.00 waktu setempat dan khusus melayani Setoran Pembayaran BBM Pertamina.

Lokasi kantor selengkapnya dapat dilihat di link berikut ini

Sementara di masa cuti bersama hari ini, Selasa (24/12/2019), 72 outlet dioperasikan untuk memberikan pelayanan kepada nasabah.

Jenis layanan yang bisa diberikan antara lain setoran, penarikan, pemindahbukuan rekening BNI, dan Setoran Pembayaran BBM, Setoran Penerimaan Negara, dan transaksi valas.

Ada pula layanan akhir pekan atau weekend banking sebanyak 69 outlet di seluruh Indonesia pada 28 Desember 2019 dan 19 outlet di 29 Desember 2019.

Layanan perbankan digital juga tetap dapat diakses masyarakat, seperti ATM yang sudah terdapat sebanyak 18.624 unit, Agen46 di 137.147 lokasi, dan 14 Digital Branch yang tetap beroperasi seminggu penuh.

 Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020, KAI Siapkan 13 Kereta Tambahan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi