Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! 13 Gerhana Matahari Akan Lewati Indonesia Sepanjang 2020-2100

Baca di App
Lihat Foto
HANDOUT/BMKG
Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) menyebut, akan ada 13 gerhana matahari yang melintasi Indonesia sepanjang tahun 2020 hingga 2100. 

Gerhana matahari terakhir terjadi pada 26 Desember 2019 lalu, yaitu gerhana matahari cincin (GMC).

Saat itu, Puncak GMC sempat melintasi kota Siak, Kepulauan Riau, Singkawang, dan Kalimantan Barat. 

Gerhana matahari terjadi saat posisi bulan ada di antara Bumi dan Matahari sehingga terlihat menutupi sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat jenis gerhana matahari

Melansir laman LAPAN, berdasarkan cara tertutupnya matahari, ada empat jenis gerhana matahari, yaitu:

  1. Gerhana matahari total, yaitu ketika Bulan menutupi seluruh piringan Matahari. Pada kondisi ini, biasanya korona matahari yang biasanya tidak terlihat dapat dilihat langsung pada saat totalitasnya. Gerhana matahari total terjadi di wilayah yang dilewati oleh bayangan umbra.
  2. Gerhana matahari cincin, yaitu ketika Bulan berada tepat di tengah-tengah Matahari dan Bumi, tetapi ukurannya tampak lebih kecil dibandingkan dengan ukuran piringan Matahari. Kondisi ini menyebabkan Matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.
  3. Gerhana matahari parsial, terjadi ketika Bulan berada tidak tepat di tengah-tengah garis antara Matahari dan Bumi, sehingga hanya menutupi sebagian Matahari. Fenomena ini biasanya juga terlihat di banyak titik di luar jalur gerhana total atau cincin.
  4. Gerhana matahari hibrid, yaitu gerhana yang oleh sebagian pengamat dapat dilihat sebagai antara gerhana total dan sebagian yang lain sebagai gerhana cincin. Gerhana campuran seperti ini cukup langka. 

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com  (8/1/2020) dan telah disampaikan melalui media sosial serta laman resmi LAPAN, ada 13 gerhana matahari yang akan melewati Indonesia sepanjang tahun 2020 hingga 2100. 

Baca juga: Timelapse Video Gerhana Matahari Cincin Tampak Sempurna dari Singkawang

13 gerhana matahari

Dikutip dari laman resmi LAPAN, berikut adalah tanggal dan jenis gerhana matahari yang akan melewati Indonesia sepanjang 2020 hingga 2100.

1. Gerhana matahari total 

Gerhana matahari total (GMT) akan terjadi pada:

2. Gerhana matahari cincin 

Gerhana matahari cincin (GMC) akan terjadi pada:

3. Gerhana matahari hibrid

Baca juga: Gerhana Matahari Bikin Perilaku Hewan Berubah, Berikut Penjelasannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi