Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulih, Pebulu Tangkis Jepang Kento Momota Kembali ke Jepang

Baca di App
Lihat Foto
LIM HUEY TENG
Pebulutangkis asal Jepang Kento Momota terbang kembali ke negaranya setelah mengalami kecelakaan lalu lintas dan dirawat di Malaysia
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Pebulu tangkis putra nomor 1 dunia, Kento Momota kembali ke Jepang.

Melansir Japan Times, ia meninggalkan Malaysia pada Rabu (15/1/2020) siang, melalui Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur menuju Bandar Udara Internasional Narita, Jepang.

Momota kembali ke Jepang setelah menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit di ibu kota administratif Malaysia, Putrajaya.

Perawatan itu harus ia jalani setelah mengalami kecelakaan lalu lintas dan terluka ketika berada di Malaysia untuk perhelatan Malaysia Masters di Kuala Lumpur.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdasarkan keterangan petugas rumah sakit, Momota keluar dari rumah sakit tempatnya dirawat di Putrajaya pada malam sebelumnya, Selasa (14/1/2020).

Tidak sendiri, ia akan kembali ke Jepang bersama dengan dua orang timnya yang juga turut dalam insiden kecelakaan yang merenggut nyawa sang sopir.

Saat di bandara Malaysia, ia diketahui menggunakan pakaian serba hitam, ditambah dengan topi, kacamata, dan masker yang hampir menutup semua wajahnya.

Ia pun dijaga oleh sejumlah orang yang terlihat mengelilinginya.

Baca juga: Kento Momota Telah Putuskan Absen dari Indonesia Masters 2020 Sebelum Kecelakaan

Kecelakaan di Malaysia

Pada Senin (13/1/2020), Kento Momota bersama 3 rekan lain terlibat dalam kecelakaan saat menuju ke Bandara Internasional Kuala Lumpur dengan menaiki mobil jenis van.

Mobil van tersebut menabrak bagian belakang truk berbobot 30 ton. 

Peristiwa itu terjadi hanya berselang beberapa jam setelah Momota menjuarai kelas Tunggal Putra di Malaysia Masters.

Di dalam mobil itu tidak hanya terdapat Momota dan timnya asal Jepang, namun juga sejumlah penumpang lain yang merupakan penasihat teknis Inggris untuk Badminton World Federation.

Berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, diketahui sebagian besar penumpang mobil naas itu tengah tertidur saat kejadian.

Menurut keterangan dokter di rumah sakit tempatnya dirawat, atlet 25 tahun tersebut mengalami patah tulang ringan di bagian hidung juga sobek di beberapa bagian wajahnya.

Mohamad Norza Zakaria dari Asosiasi Bulutangkis Malaysia menyebut, kondisi kesehatan dari tim Jepang, termasuk Momota terpantau stabil.

Menurutnya, pembengkakan akibat luka di wajah Momota sudah berkurang. Ia pun menyebut, Momota ingin segera kembali ke Jepang sesegera mungkin.

Baca juga: Kento Momota Masih Akan Berada di Rumah Sakit Satu Malam Lagi

Absen di Indonesia Masters 2020

Di sisi lain, Organisasi bulutangkis Jepang, Nippon Badminton Association menyatakan, salah satu atlet terbaiknya ini terpaksa harus tidak ikut dalam pertandingan di Asia Team Championships bulan depan.

Momota dijadwalkan baru akan kembali bertanding untuk All England Open yang akan berlangsung di Birmingham, Inggris, 11 Maret 2020.

Terlepas dari insiden ini, Momota juga dipastikan tidak akan mengikuti Indonesia Masters 2020 yang dimulai sejak 14 hingga 19 Januari 2020 di Istora Senayan. 

Hal ini dinyatakan langsung oleh Momota sebelum dirinya mengalami kecelakaan. Alasannya karena pertimbangan fisik.

Menurutnya, ia sedang berada dalam kondisi yang tidak maksimal dan tidak mungkin untuk mengikuti dua turnamen sekaligus dalam waktu yang sangat berdekatan.

Baca juga: Anthony Ginting Doakan Kento Momota Cepat Pulih Setelah Kecelakaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi