Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mundur dari Kerajaan, Apa Kegiatan Pangeran Harry dan Meghan?

Baca di App
Lihat Foto
Shutterstock
Patung lilin Pangeran Harry dan Meghan Markle yang kini sudah tak lagi dipajang di Madame Tussauds London.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com – Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle resmi melepas gelar kebangsawanannya.

Berdasarkan keterangan tertulis Istana Buckhingham, keduanya tak akan lagi bekerja sebagai anggota keluarga kerajaan.

Harry dan Megan juga disebut akan mengembalikan dana bantuan yang baru-baru ini mereka gunakan untuk merenovasi kediaman mereka. 

“Saya menyadari tantangan yang mereka alami akibat pengawasan ketat selama dua tahun terakhir dan saya mendukung kehidupan mereka yang lebih mandiri,” ujar Ratu Elizabeth dalam pernyataan yang ia buat dikutip dari ABC News.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Publik kemudian banyak mempertanyakan bagaimana kehidupan Harry dan Meghan di masa depan?

Baca juga: Pangeran Harry Bela Istrinya Meghan Markle: Dia Masih Wanita yang Aku Cintai

Masih bergelar Royal Highness

Sebuah sumber Istana dari ABC News juga menyebut, meskipun keduanya telah mundur dari kerajaan, kedua pasangan yang menikah 19 Mei 2018 itu masih akan dipantau selama setahun ke depan. 

Meski mundur sebagai anggota senior, Harry dan Meghan juga disebut tidak akan kehilangan gelar His atau Her Royal Highness (HRH) mereka, tetapi tak akan lagi menggunakan gelar tersebut.

“Karena mereka tak lagi menjadi anggota Keluarga Kerajaan,” ujar Istana Buckingham dalam pernyataannya.

Keduanya juga akan terus dikenal sebagai Duke dan Duchess di Sussex. Harry akan terus memegang gelar pangeran tetapi ia kehilangan gelar militer dan perlindungannya.

Nantinya Harry dan Meghan juga disebut akan menjadikan Frogmore Cottage sebagai tempat tinggal resmi di Inggris. Cottage tersebut berlokasi di Windsor, dan merupakan milik Ratu Elizabeth.

Mereka akan membayar biaya sewa dan biaya operasional cottage tersebut, serta membayar biaya renovasi rumah yang didanai pembayar pajak tahun lalu.

Baca juga: Mundur sebagai Anggota Kerajaan Inggris, Pangeran Harry: Tak Ada Pilihan Lain

Tinggal di Kanada

Selain memiliki, kediaman resmi di Fragmore Cottage, Harry berencana menghabiskan sebagian besar waktunya di Amerika Utara.

Meghan telah berada di daerah Vancouver di Kanada bersama Archie sejak Harry kembali ke Inggris usai kunjungan singkatnya pada awal Januari.

Diperkirakan Harry akan menyusul istri dan putranya di Kanada nantinya.

Istana Buckingham menyebut, Harry dan Meghan tak akan lagi menerima dana publik untuk tugas-tugas kerajaan.

Dalam situs resmi SussexRoyal.com Harry dan Meghan menjelaskan mereka tak akan lagi menerima presentase dari Sovereign Grant yang dibayarkan setiap tahun dari Pemerintah Inggris ke kerajaan untuk mendanai tugas-tugas resmi.

Harry dan Meghan berencana meluncurkan Sussex Royal Foundation tahun ini.

Namun terkait hal tersebut banyak perdebatan mengenai apakah Sussex Royal sebagai nama yang cocok karena mereka tak lagi mewakili kerajaan.

Baca juga: Meghan Markle Terlihat Memakai Tote Bag Rp 2 Jutaan di Kanada

Fokus kegiatan sosial

Melalui situs web barunya, kedua pasangan ini memang berencana untuk fokus pada aksi-aksi komunitas dan perubahan progresif yang berkaitan dengan pekerjaan amal.

Harry dan Meghan telah menyewa firma yang berpusat di AS, Sunshine Sachs untuk membantu mempromosikan yayasan mereka.

Meski sudah tak lagi secara resmi merakili ratu, akan tetapi mereka mengaku akan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kerajaan.

Menurut situs web SussexRoyal.com, Meghan akan tetap melanjutkan perannya sebagai pelindung di Teater Nasional, Asosiasi Universitas Persemakmuran (keduanya diwarisi dari sang Ratu), badan amal hewan Mayhew yang bermarkas di London, dan badan amal wanita Smart Works.

Baca juga: Sempat Menghilang, Begini Penampilan Terkini Meghan Markle

Sementara Harry juga akan melanjutkan sebagai pelindung di beberapa organisasi. Seperti Invictus Games Foundation, Sentebale, Silverstone Heritage Experience, Rugby Football Union, Dolen Cymru, The London Marathon Charitable Trust, MapAction, Konservasi Badak Botswana,  Rugby Football Union All Schools Program dan Wellchild.

Ke depan, kedua pasangan ini diperkirakan akan menjadi lebih aktif di media sosial dengan menggunakan akun Sussex Royal. Harry ke depan juga tetap akan menghadiri acara keluarga seperti Tropping the Color ketika mendapat undangan dari Ratu Elizabeth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: ABCNews
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi