Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Warning Hujan Lebat pada 24-29 Januari, Daerah Mana Saja?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/M ZAENUDDIN
Sejumlah warga terjatuh saat melintasi jalan yang tergenang banjir di wilayah Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (4/1/2020).Hujan lebat di awal tahun membuat kawasan teluk gong masih terendam banjir.
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan adanya potensi hujan lebat yang terjadi pada 24-29 Januari 2020.

Adapun potensi hujan lebat ini akibat adanya sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia selatan Lampung yang diperkirakan akan terbentuk pada 24-26 Januari 2020.

Dari kondisi itu, BMKG memperkirakan dalam sepekan ke depan sejumlah wilayah di Indonesia mengalami curah hujan dengan intensitas lebat dan dapat disertai petir.

Berikut periode dan wilayah dengan curah hujan lebat:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periode 24-26 Januari 2020

Baca juga: Waspadai Hujan Ekstrem hingga Februari 2020

Periode 27-29 Januari 2020

Sementara itu, BMKG juga melakukan prakiraan berbasis dampak hujan lebat.

Dari prakiraan tersebut, dihasilkan status "Siaga" potensi banjir/genangan (24-25 Januari 2020) yang perlu diwaspadai untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Baca juga: Kapan Puncak Musim Hujan akan Terjadi?

Penjelasan BMKG

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. R. Mulyono R. Prabowo mengungkapkan bahwa sirkulasi ini menyebabkan terbentuknya pola konvergensi dan belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, potensi hujan lebat juga dipengaruhi kondisi atmosfer Indonesia yang labil.

"Kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke armosfer," ujar Mulyono dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Jumat (24/1/2020).

Menurutnya, kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

Dengan demikian, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak dari banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Selain itu, masyarakat dapat mendapatkan informasi terkini seputar hujan lebat atau bencana melalui layanan informasi yang dibuka BMKG yakni call center 021-6546315/18 dan media sosial BMKG, @infoBMKG.

Baca juga: Ramai soal Peringatan Banjir Jakarta dari Kedubes AS, Ini Penjelasan BMKG

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi