Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Medis: Pasien Sembuh Virus Corona Dapat Terinfeksi Kembali

Baca di App
Lihat Foto
Xinhua via SCMP
Tim medis memberikan kode kepada salah satu pasien virus corona. Dokter di Wuhan mengisahkan bagaimana suka duka mereka dalam merawat pasien yang positif terkena virus.
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Jumlah total korban virus corona masih terus bertambah. Hingga Minggu (2/2/2020) malam, 25 negara di dunia telah mengonfirmasi adanya kasus virus corona di negaranya.

Jumlah korban virus corona telah mencapai 305 pasien meninggal dan 14.568 kasus infeksi di seluruh dunia, terutama di China.

Terbaru, dari 305 pasien meninggal tersebut, satu di antaranya berasal dari Filipina. Kasus ini menjadi kasus pertama yang terjadi di luar daratan utama China. 

Dapat terinfeksi kembali

Melansir South China Morning Post (SCMP), pada hari Jumat (31/1/2020), ahli medis memperingatkan para pasien yang telah sembuh dari virus corona.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut ahli medis tersebut, para pasien tersebut masih memiliki risiko untuk terinfeksi kembali. Mereka juga menganjurkan orang-orang untuk menghindari perkumpulan massa atau bahkan menari di taman kota dan alun-alun.

Kepala Bagian Penyakit Menular di Rumah Sakit Persahabatan China-Jepang, Zhan Qingyuan, mengungkapkan bahwa orang-orang yang sudah memiliki virus di dalam tubuhnya akan mengembangkan antibodi.

Akan tetapi, orang-orang tersebut harus tetap waspada sehingga mereka tidak sakit lagi.

"Antibodi mungkin tidak bertahan lama. Jadi, masih ada risiko pasien yang pulih ini akan terinfeksi lagi. Mereka harus terus menjaga diri mereka agar tetap terlindungi," ungkap Zhan.

Baca juga: Kabur dari Tempat Asal Virus Corona, Pria Ini Mendayung Seberangi Sungai Yangtze

Pasien sembuh

Sebelumnya, berdasarkan data yang diperoleh dari gisanddata.maps.arcgis.com, pasien yang dinyatakan telah sembuh dari virus ini adalah sebanyak 342 orang. 

Jumlah tersebut lebih banyak daripada total orang meninggal akibat virus ini yang mencapai 305 orang.

Pasien-pasien yang sembuh ini berasal dari berbagai negara, mulai dari China sendiri hingga negaralain seperti Jepang, Australia, Thailand, dan Vietnam.

Namun, hingga kini, belum ada keterangan resmi terkait bagaimana para pasien tersebut dapat sembuh dari virus corona yang diidapnya.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, mengatakan bahwa hingga kini belum ada obat untuk virus corona.

Ia memperkirakan bahwa pasien-pasien tersebut dapat sembuh karena self limiting disease atau sembuh dengan sendirinya. 

Evakuasi tetap dilakukan

Meskipun sejumlah pasien dapat sembuh dari virus ini, negara-negara tetap melakukan upaya evakuasi bagi warga negaranya yang berada di kota Wuhan, yang disebut sebagai pusat penyebaran virus corona ini.

Hingga hari ini, setidaknya ada 10 negara yang telah mengevakuasi warga negaranya di China, yaitu:

Baca juga: Beroperasi Senin Besok, Konstruksi Rumah Sakit Corona Tuntas 8 Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi