Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telepon Presiden Jokowi, Presiden China Yakinkan Mampu Atasi Virus Corona

Baca di App
Lihat Foto
Biro pers setpres
Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di sela acara KTT G20 pada Jumat (28/6/2019) malam.
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani

KOMPAS.com - Presiden China, Xi Jinping dilaporkan menelepon dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk mengekspresikan kepercayaan dirinya memenangkan 'pertarungan' dengan virus corona yang tengah mewabah saat ini. 

Melansir Xinhua, pembicaraan ini dilakukan pada Selasa (11/2/2020) malam.

Selain itu, Xi Jinping juga percaya bahwa dirinya dapat memcapai tujuan ekonomi dan pembangunan sosial di tengah wabah virus corona. 

Xi mencatat bahwa pada saat yang genting seperti ini, ketika China tengah bertarung melawan epidemi virus corona, percakapan telepon dengan Presiden Joko Widodo mencerminkan persahabatan dengan Indonesia dan dukungan terhadap China sebagai mitra strategis yang komprehensif. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ia juga mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh  teman-teman Indonesia.

"China dan Indonesia, keduanya merupakan negara berkembang yang besar, harus bergandengan tangan memikul tanggungjawab negara-negara besar dan mencapai kemajuan baru," kata Xi.

Menurut Xi, China siap untuk terus melanjutkan persahabatan baik dengan Indonesia. 

Pihaknya juga akan terus memperdalam sinergi dari strategi pembangunan, serta mengimplementasikan bersama proyek-proyek utama pada konstruksi. 

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Kunjungi Pasien Virus Corona

Prioritas utama Pemerintah China 

Di sisi lain, Xi menekankan bahwa memerangi epidemi virus corona ini adalah prioritas utama pemerintah China saat ini.

China akan meneruskan penguatan kerja sama dalam pencegahan dan pengendalian epidemi dengan Indonesia dan negara-negara lainnya. 

Selain itu, Xi mengungkapkan bahwa China akan menjalankan upaya-upaya tersebut dengan terbuka dan transparan untuk menjaga keamanan kesehatan publik regional dan global. 

Ia menekankan bahwa China akan terus menjaga dengan baik warga negara asing yang berada di China, termasuk WNI (Warga Negara Indonesia), sebagaimana mereka memperlakukan warga negaranya sendiri.

Pernyataan Xi Jinping tentang teman sejati 

Presiden China ini juga menyebutkan pernyataan tentang makna teman sejati. "Teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sejati," kata Xi.

Sejak epidemi terjadi, negara-negara tetangga dari China, termasuk Indonesia, dinilai telah memberikan dukungan yang berharga kepada China dalam berbagai cara.

Xi mengungkapkan harapannya bahwa negara-negara regional akan bekerja keras untuk mempertahankan kerjasama bilateral sembari mengambil langkah-langkah yang tepat dalam pencegahan dan pengendalian epidemi. 

Tanggapan Jokowi

Presiden Jokowi menyatakan simpatinya terhadap pemerintah China dan masyarakatnya terkait epidemi yang terjadi di sana, mewakili pemerintah dan masyarakat Indonesia.

"Pada waktu yang sulit ini, ketika China tengah bertarung melawan wabah, Indonesia, sebagai mitra China akan selalu berdiri teguh untuk masyarakat China dan bekerja sama untuk mampu meraih 'kemenangan' dalam melawan epidemi ini sesegera mungkin," kata Presiden Jokowi. 

Menurut Jokowi, Indonesia telah menyediakan sejumlah peralatan medis ke China.

Selain itu, ia menambahkan bahwa Indonesia siap menawarkan bantuan yang diperlukan dalam menanggapi kebutuhan dari pihak China.

Jokowi menyatakan bahwa persahabatan Indonesia-China akan menjadi semakin dalam dan hubungan bilateral akan meningkat ke jenjang yang lebih tinggi setelah ujian dari wabah epidemi ini.

Baca juga: Presiden Xi Jinping Peringatkan Upaya Memecah Belah China Bakal Berakhir dengan Tubuh Hancur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi