Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Penumpang Diamond Princess, Rayakan Valentine di Kapal Berisi Virus Corona

Baca di App
Lihat Foto
shutterstock.com/Joel_420
Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama, Jepang.
|
Editor: Virdita Rizki Ratriani


KOMPAS.com
- Pada Jumat (14/2/2020) awak kapal Diamond Princess telah bekerja keras untuk menghidangkan menu spesial di Hari Valentine di tengah masa karantina karena virus corona. 

Melansir The Guardian, mereka menyajikan menu alpukat dan udang cupid dilengkapi anggur California, coq au vin dan makanan kejutan pencuci mulut untuk makan malam. 

Tetapi, bagi ribuan penumpang yang menjalani masa karantina di dalam kapal karena wabah virus corona, tampaknya tetap tidak bisa menikmati Hari Valentine. 

Di masa-masa terakhir isolasi di dermaga Daikoku, Yokohama, selatan Tokyo, beberapa penumpang kapal pesiar mewah yang telah berubah menjadi tempat karantina raksasa tersebut, berusaha untuk mengambil hikmah dari cobaan mereka.

Mereka mengunggah foto makanan, bermain sudoku maupun jalan-jalan singkat dan terbatas ke geladak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa menghilangkan kebosanan dengan bermain game, makan, menonton film, berlatih tai chi dan online di sosial media.

Mereka juga berbagi pesan saling menyemangati dengan anggota kru yang kelelahan karena berusaha menyediakan makanan dan hiburan selama karantina.

Beberapa dari mereka pun mulai bosan dengan kehidupan dalam kapal yang terombang-ambing. 

Seperti yang dikatakan David Abel, seorang penumpang Inggris, pekan lalu, mengatakan berlayar dengan Diamond Princess bukan lagi menjadi liburan tetapi ujian ketahanan fisik maupun mental. 

Baca juga: Lion Group Sambut 18 Awak Pesawat Misi Corona dari Natuna

"Bagian tersulit adalah tidak diketahui apa yang akan terjadi dan berusaha tetap sibuk," kata Kent Frasure, seorang Amerika di atas kapal pesiar.

"Kebosanan adalah hal yang nyata, dan semakin sulit untuk dicegah, tapi sejauh ini sangat baik."

Frasure adalah salah satu di antara penumpang yang menghabiskan Hari Valentine sendirian setelah istrinya, Rebecca, dinyatakan positif dan ditempatkan di ruang isolasi di rumah sakit.

Tapi dia membuat rencana setelah masa karantina mereka berakhir.

“Jika kita dipaksa untuk tinggal beberapa hari maka sesuatu seperti pergi ke Tokyo Disneyland mungkin ada di daftar rencana. Begitu kita sampai di rumah, pizza yang enak ada di daftar!” serunya.

Pada hari Jumat (14/2/2020), beberapa penumpang dapat mengirim pesan ke orang-orang terkasih melalui smartphone, hadiah dari pemerintah Jepang.

Ada juga pajangan kasih sayang untuk kru Diamond Princess, yang disambut oleh potongan kertas hati yang menempel di pintu kabin seorang wanita.

"Terima kasih untuk semua kerja kerasmu," tulis pesan tersebut. Dan pada yang lain: "Terima kasih telah merawat kami," tulis ucapan tersebut.

Di sisi lain, penumpang juga menjalani peran ganda selama masa karantina. Mereka menjadi staf kabin bagi diri sendiri, mengganti seprai, mencuci pakaian dan membersihkan toilet.

Bantuan sesaat datang tiga kali sehari dengan ketukan di pintu oleh staf yang menggunakan sarung tangan dan masker untuk menyajikan makanan. 

Baca juga: Pemerintah Bekali WNI yang Sudah Dikarantina dengan Surat Bebas Corona

 

Takut tertular

Pemerintah Jepang menargetkan masa karantina baru akan berakhir pada Rabu pekan depan. 

Sejumlah kasus infeksi terbaru virus corona terus bertambah. Hal tersebut membuat Sonali Thakkar, seorang petugas keamanan di Diamond Princess yang berada dalam isolasi khawatir dia bisa menjadi salah satu dari sejumlah kasus berikutnya.

"Yang kami inginkan adalah aman dan memiliki lebih banyak dokter," kata Thakkar, yang sedang menunggu hasil tesnya setelah mengalami demam dan batuk.

Petugas keamanan kapal bertugas di lorong untuk membantu penumpang yang dites positif mendarat di Yokohama dan dibawa ke rumah sakit.

Sementara para tamu sebagian besar tetap berada di kabin mereka. 

“Semua kolega saya, termasuk kapten, sangat membantu. Kami saling mendukung dan saling menjaga, "kata Thakkar, 24.

" Yang saya inginkan hanyalah melewati beberapa hari ke depan. Tetapi peningkatan kasus yang cepat jelas tidak membantu kami. Kami berusaha menjaga semangat kami, tetapi faktor ketakutan meningkat seiring berjalannya hari. Keluarga saya berdoa siang dan malam agar saya bisa pulang dengan selamat," katanya lagi. 

Baca juga: Perancis Umumkan Kasus Kematian Pertama Virus Corona

Jumlah infeksi 

Pada awal pekan lalu, ditemukan sebanyak 10 orang di dalam kapal terinfeksi virus corona. Hal tersebut menjadi kejutan bagi 2.666 penumpang dan 1.045 kru Diamond Princess.

Pada hari Jumat (14/2/2020), 218 penumpang dan awak telah menunjukkan hasil positif virus corona di antara lebih dari 700 yang telah diuji.

Penumpang dan awak kapal yang tadinya riang, sekarang menjadi tuan rumah bagi satu kelompok kasus virus corona terbesar di luar China.

Lompatan diagnosa positif telah menimbulkan pertanyaan tentang keputusan pemerintah Jepang untuk menjaga semua orang tetap berada di atas kapal. 

Ada juga kritik terhadap lambatnya pengujian, meskipun para pejabat mengatakan mereka berharap untuk meningkatkan jumlah tes harian dari 300 menjadi 1.000.

"Di atas kapal, infeksi menjadi sangat padat. Sekarang menyediakan lingkungan yang menguntungkan bagi penyebaran virus dan saya pikir sudah waktunya bagi orang untuk turun," kata Shigeru Omi, Pakar Pencegahan Penyakit Menular dan Mantan Direktur Regional untuk WHO.

"Sepertinya kita melihat versi yang sangat ringkas tentang apa yang bisa terjadi di komunitas lokal," lanjutnya. 

Tetapi Jennie Wilson, seorang Profesor Epidemiologi Kesehatan di Universitas London Barat, mengatakan mengisolasi penumpang di kapal tidak jauh berbeda dengan memindahkan mereka ke darat.

"Semakin Anda memindahkan orang, semakin banyak kontak yang mereka miliki dengan orang lain di luar kelompok tersebut maka semakin besar potensi untuk menyebar ke kontak baru," katanya.

Baca juga: Disneyland Hong Kong Izinkan Lahannya Digunakan untuk Fasilitas Karantina Virus Corona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi