Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran KIP-Kuliah Jalur SNMPTN Dibuka Besok, Apa Saja yang Harus Dipahami?

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Cara Mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah
Penulis: Mela Arnani
|
Editor: Sari Hardiyanto

KOMPAS.com - Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) menjadi salah satu upaya pemerintah membantu para siswa berprestasi yang mempunyai keterbatasan ekonomi untuk tetap bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Rencananya, pemilihan jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di sistem KIP-Kuliah dibuka mulai Senin (2/3/2020) besok.

Siswa pendaftar SNMPTN diimbau untuk segera melengkapi berkas dan memilih seleksi SNMPTN di menu seleksi sistem KIP-Kuliah.

Baca juga: Berikut Cara Mendaftar SNMPTN bagi Penerima KIP Kuliah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang harus dipahami seputar KIP-Kuliah?

Informasi yang dihimpun dari situs Kemendikbud, pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur, baik SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UMPN, dan seleksi mandiri dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah, https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id.

Saat mendaftar, siswa memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan alamat e-mail aktif.

Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, NPSN dan kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

Jika proses validasi berhasil, sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat e-mail yang didaftarkan.

Dilansir dari situs resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ltmpt.ac.id, pengisian data nomor pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

Ini diwajibkan bagi tiga kategori, yaitu

1. Siswa yang telah mempunyai Nomor Pendaftaran KIP, melakukan pendaftaran KIP Kuliah secara mandiri lewat laman https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id.

2. Siswa yang sudah memiliki akun LTMPT

3. Siswa yang telah mendaftar atau yang akan mendaftar SNMPTN 2020, karena menunggu Kepemilikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020.

Baca juga: KIP-K Dibuka Awal Maret, Finalisasi SNMPTN atau Mendaftar KIP Dulu?

Cara pengisian

Adapun cara pengisian data nomor pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT sebagai berikut:

Sementara itu, pendaftaran SNMPTN 2020 bagi siswa yang sudah mempunyai nomor KIP Kuliah dan telah melakukan pengisian data nomor pendaftaran KIP kuliah, maka siswa yang sudah melakukan finalisasi (cetak kartu), tidak perlu melakukan SNMPTN lagi.

Hal ini karena proses sinkronisasi nomor pendaftaran KIP kuliah dan data pendaftar SNMPTN di LTMPT akan dilakukan secara otomatis.

Sedangkan, siswa yang sudah melakukan pendaftaran sampai dengan memilih program studi dan belum finalisasi, diharuskan melakukan finalisasi dan cetak kartu tanda peserta SNMPTN 2020 pada 2-31 Maret 2020.

Siswa yang belum melakukan pendaftaran, diimbau untuk mendaftar sampai proses finalisasi dan cetak kartu tanda peserta SNMPTN.

Sebagai informasi, siswa yang mempunyai nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya untuk pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Baca juga: Bidikmisi Akan Diganti dengan KIP Kuliah, Simak Info dan Persyaratannya di Sini

Fahjie Prasetyo Alur dan Jadwal SNMPTN dan KIP Kuliah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi