Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Virus Corona: Malaysia Konfirmasi 84 Kasus, Indonesia 4 dan Singapura 130

Baca di App
Lihat Foto
ADI WEDA
Seorang perempuan mengenakan masker pelindung berjalan melewati sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Indonesia, 05 Maret 2020. Pemerintah Indonesia telah mengkonfirmasi dua kasus Covid-19 pada Jumat. Sehingga total ada 4 pasien positif. EPA-EFE/ADI WEDA
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Malaysia mengalami lonjakan kasus virus corona terbesar pada Jumat (6/3/2020). Sebanyak 28 kasus baru dilaporkan, sehingga menjadikan total kasus positif di Negeri Jiran tetangga Indonesia itu menjadi 83 kasus.

Direktur Jenderal Departemen Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah menyebut sejauh ini 956 kontak yang dekat dengan pasien telah diidentifikasi.

Dari angka itu, 258 orang diduga terkait dengan pasien ke-26. Sementara itu, 23 pasien telah sepenuhnya pulih dan dipulangkan.

Kementerian tidak memberikan rincian kasus-kasus baru, tetapi meyakinkan warga Malaysia bahwa penyelidikan dan kegiatan deteksi kontak dekat sedang dilakukan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Berdasarkan penilaian kami hingga saat ini, situasi Covid-19 masih terkendali dan masih dalam tahap Penahanan DIni," kata Abdullah dilansir dari South China Morning Post, Jumat (6/3/2020).

Dari 83 pasien, 65 adalah orang Malaysia, 15 dari China dan tiga lainnya dari Italia, Jepang dan AS.

Baca juga: Update Info Corona Indonesia Bisa Diakses di WhatsApp, Ini Infonya!

Indonesia

Selain Malaysia, Indonesia mengkonfirmasi dua kasus positif terbaru yang disebut berusia 30-an tahun.

Pejabat Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengatakan, dua pasien positif terbaru diuji setelah melakukan kontak dengandua kasus pertama.

Sehingga total sudah ada empat kasus positif virus corona yang dikonfirmasi oleh pemerintah. Dua kasus pertama diumumkan Presiden RI Joko Widodo awal pekan ini. 

Pasien ke-1 dan ke-2 adalah pasangan ibu dan anak yang diduga tertular virus corona dari warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia pertengahan Februari 2020 lalu. 

Pemerintah Indonesia menyiagakan 100 rumah sakit di 32 provinsi untuk menangani virus corona. 

Singapura

Sementara Singapura melaporkan 13 kasus baru virus corona pada Jumat, sehingga menjadikan lompatan satu hari terbesar sejak sembilan kasus yang dilaporkan pada 14 Februari.

Total kasus virus corona di Singapura menjadi 130, dengan 82 disebut telah pulih sementara 9 lainnya masih menjalani perawatan intensif.

Dari 13 kasus baru, 9 di antaranya terkait dengan cluster terbaru di SAFRA Jurong yang terjadi pada 15 Februari lalu.

Ini adalah cluster keenam Singapura dari penyakit Covid-19 dan sekarang memiliki 17 kasus terkait.

Baca juga: Pertama Kalinya Provinsi Hubei, di Luar Wuhan, Melaporkan Nol Kasus Baru Virus Corona

Pihak berwenang Singapura mengatakan mereka sedang menyelidiki cluster yang merupakan acara sosial untuk teman dan keluarga.

Dari empat kasus baru yang tersisa, dua diimpor dari pelancong yang terinfeksi memasuki Singapura, yaitu seorang awak kabin Singapore Airlines berusia 47 tahun.

Awak kabin itu pernah ke Afrika Selatan dan Prancis. Sedangkan satu lagi adalah penduduk berusia 37 tahun yang pernah ke Jerman.

Sedangkan kasus lain adalah seorang pria berusia 77 tahun yang dirawat di rumah sakit yang sama di Singapore General Hospital seperti kasus sebelumnya (Kasus 109) dari 29 Februari hingga 1 Maret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi