Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien ke-78 Virus Corona Malaysia Memiliki Riwayat Perjalanan ke Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/AJI YK PUTRA
Suasana diterminal keberangkatan domestik Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (3/3/2020).
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Malaysia mengonfirmasi 10 kasus baru Covid-19 pada Sabtu (7/3/2020). Sehingga total kasus virus corona penyebab di negara itu, hingga kini telah ada sebanyak 93 kasus.

Melansir dari Malaymail Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia Datuk Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan semua pasien kasus yang terdeteksi telah dikarantina untuk perawatan lebih lanjut.

Dalam pengumuman tersebut, Dr Noor juga menyampaikan mengenai riwayat perjalanan pasien ke-78 yang dilaporkan pada Jumat (6/3/2020).

Pihaknya mengatakan, pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Orang ini memiliki riwayat perjalanan ke Indonesia selama tujuh hari sejak 13 Februari dan pasien mulai menunjukkan gejala pada 19 Februari," ujar Noor. 

Adapun 67 orang yang melakukan kontak dengan pasien tersebut telah diambil sampelnya.

"Semua kontak dekat ini telah ditempatkan di bawah pengawasan rumah,” kata dia melanjutkan.

Baca juga: Mengapa Italia Memiliki Lebih Banyak Kasus Corona daripada Negara Eropa Lainnya?

Pengumuman mengenai kasus virus corona terbaru di Malaysia tersebut juga disampaikan melalui akun Twitter resmi Kementerian Kesehatan Malaysia.

Adapun terkait kasus baru yang dilaporkan hari ini, merupakan seseorang yang melakukan kontak dekat dengan kasus ke-33.

Semua kasus baru yang dilaporkan terdeteksi selama pelacakan kontak.

Dalam penyampaiannya, Dr Noor juga menyebut bahwa investigasi yang dilakukan terhadap kontak kasus ke-26 menemukan ada 132 kotak dekat yang juga berhubungan dengan pasien ke-33.

Dari total 18 pasien positif yang saat ini dirawat di rumah sakit, disebutkan dalam kondisi stabil sementara 38 orang ditemukan negatif dan tengah dilakukan pengawasan rumah selama 14 hari.

Sedangkan 76 sisanya sedang menunggu hasil laboratorium, namun semuanya dalam kondisi sehat dan ditempatkan di bawah pengawasan rumah.

Baca juga: Pasien Kanker Stadium 4 di Kapal Grand Princess Terancam Gagal Kemoterapi karena Virus Corona

Saat ini Malaysia total memiliki kasus 93 di mana 75 merupakan warga Malaysia, 15 warga negara China dan masing-masing merupakan satu warga dari Amerika Serikat, Jepang, dan Italia.

Kementerian saat ini masih melakukan penyelidikan dan melakukan kegiatan penelusuran untuk mengidentifikasi sumber infeksi guna menekan penyebaran penyakit.

Termasuk mendeteksi kasus di negara tersebut pada pasien yang mengalami penyakit seperti influenza dan infeksi pernapasan akut yang parah tanpa riwayat perjalanan ke negara manapun yang memiliki kontak atau dipengaruhi oleh kasus positif Covid-19.

“Sampai hari ini (7 Maret), total 432 sampel telah diuji dan tidak ada yang positif dengan infeksi Covid-19. Saat ini, tidak ada kasus sporadis yang terdeteksi melalui kegiatan pengawasan, ” ujar Noor. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi