Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditolak 2 Negara karena Corona, Kapal Costa Fortuna Akan Berlabuh di Singapura

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock
Ilustrasi kapal pesiar.
|
Editor: Rizal Setyo Nugroho

KOMPAS.com - Singapura akan mengizinkan kapal pesiar Costa Fortuna untuk berlabuh di wilayahnya pada Selasa (10/3/2020) setelah sebelumnya kapal tersebut ditolak Malaysia dan Thailand.

Penolakan Malaysia dan Thailand itu didasari atas kekhawatiran kedua negara tersebut akan virus corona.

Kendati demikian, operator kapal menyebut tak ada kasus virus corona yang dicurigai di antara para penumpang, termasuk sejumlah warga Italia.

Kapal Costa Fortuna sendiri memang membawa sekitar 2.000 orang termasuk 60 warga Italia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang akan diperiksa

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Senin (9/3/2020), Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) serta Singapore Tourism Board (STB) mengatakan, dokter akan memeriksa seluruh penumpang sebelum turun dari kapal.

"Dokter di atas kapal akan memeriksa penumpang dan kru untuk memastikan bahwa mereka sehat sebelum turun. Semua penumpang harus menjalani pemeriksaan suhu sebagai tindakan pencegahan," kata badan itu, dilansir dari Straits Times.

"Selain itu, penumpang yang memasuki Singapura dan menunjukkan demam dan atau gejala penyakit pernapasan lainnya, tetapi tidak memenuhi definisi klinis Kementerian Kesehatan akan diminta menjalani tes swab Covid-10," sambungnya.

Baca juga: Pasien Kanker Stadium 4 di Kapal Grand Princess Terancam Gagal Kemoterapi karena Virus Corona

Selanjutnya jika ada penumpang yang diidentifikasi untuk pengujian swab Covid-19 tetapi menolak untuk melakukannya tidak akan diizinkan masuk ke Singapura.

Pada jam 7 pagi hari Senin, kapal itu sudah berada di perairan dekat Tuas, Singapura tetapi masih berada di perairan internasional.

Menurut rencana, kapal itu awalnya akan melakukan perjalanan ke arah timur Singapura, menuju Ko Samui dan Laem Chabang di Thailand, sebelum menuju ke Sihanoukville di Kamboja.

Ditolak

Kapal Costa Fortuna tersebut kembali ke Singapura pada Selasa (3/3/2020) kemudian berlayar ke barat dan mencapai Langkawi, Malaysia pada Kamis (5/3/2020).

Setelah itu, kapal dijadwalkan akan berhenti di Phuket, Penang dan Kelang, tetapi ditolak masuk oleh Thailand dan Malaysia.

Malaysia menolak kapal tersebut setelah mengeluarkan larangan menyeluruh terhadap semua kapal pesiar yang datang.

Sementara Thailand tak mengizinkan kapal pesiar itu karena pembatasan perjalanan kepada orang Italia.

Baca juga: Ini Daftar 5 Kapal Pesiar yang Dikarantina karena Virus Corona

Kasus yang menimpa kapal pesiar Costa Fortuna ini mirip dengan kapal pesiar Westerdam, sebuah kapal pesiar yang melaut selama dua minggu dan ditolak oleh lima negara.

Kamboja akhirnya mengizinkannya untuk berlabuh di pantai selatan negara itu pada 13 Februari.

Sejauh ini, virus corona telah meginfeksi lebih dari 100 negara dengan jumlah kasus 109.835 kasus dengan 3.803 kasus kematian.

Peningkatan jumlah infeksi yang masih terjadi secara global ini juga berbanding lurus dengan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh, yaitu 60.695 pasien.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi